Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URsport

21 Tahun Lionel Messi di Barcelona: 672 Gol, 35 Trofi

Rezki Maulana,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
21 Tahun Lionel Messi di Barcelona: 672 Gol, 35 Trofi
Image: Lionel Messi bertaburan gol dan trofi di Barcelona (Instagram @leomessi)

Barcelona - Sang legenda Barcelona itu sudah pergi. Ya, Lionel Messi meninggalkan klub Catalan itu dengan ratusan gol dan puluhan trofi.

Messi sejatinya sudah pisah dari Barcelona per 1 Juli kemarin karena kontraknya habis. Tapi, klub Catalan itu masih bersikeras untuk mempertahankan Messi dengan menyodorkannya kontrak baru.

Messi juga sudah sepakat dengan pemotongan gaji sampai 50 persen, dari total gajinya sekitar €1,3 juta (sekitar Rp 22 miliar) per pekan. Kabarnya Messi akan bertahan di Barcelona hingga lima tahun.

Nah, Messi sudah ada di Barcelona untuk meneken kontrak bareng ayah sekaligus agennya Jorge. Namun, persoalan keuangan membuat deal gagal tercipta.

Barcelona memang lagi berdarah-darah keuangannya saat ini, setelah diterpa pandemi virus corona. Mereka punya utang lebih dari €1 miliar (Rp 16,9 triliun) dan harus menjalani pembatasan gaji gila-gilaan.

Itulah yang membuat Messi tak yakin untuk meneken kontrak baru dan memilih pergi dari Barcelona. Tentu saja kepergian Messi ini membuat Barcelona kecewa berat karena gagal mempertahankan pemain terbaiknya tersebut.

Bagi Barcelona, Messi adalah segala-galanya dan merupakan ikon klub. Tengok saja, sejak debut pada 2004, Messi nyaris tidak tergantikan dan selalu ada buat Barcelona. Bahkan Messi terbilang jarang absen lama karena cedera.

Messi pelan-pelan mengumpulkan gol demi gol serta trofi untuk Barcelona. Hingga ketika dia memutuskan pergi, Messi sudah jadi top scorer sepanjang masa Barcelona dengan 672 gol di ajang resmi.

Bahkan golnya bisa mencapai lebih dari 700 jika mengikutsertakan laga-laga tak resmi. Messi juga jadi penampil terbanyak untuk Barcelona dengan 778 pertandingan.

Dia memegang banyak rekor di Barcelona, mulai dari pemain paling banyak tampil di El Clasico, top scorer di duel tersebut, lalu pemain dengan kemenangan terbanyak di LaLiga dan masih banyak lagi.

Soal trofi jangan ditanya lagi, Messi punya 35 trofi, terbanyak di antara pemain LaLiga lainnya untuk sebuah klub. Dari 35 trofi itu, rinciannya adalah 10 LaLiga, 8 Piala Super Spanyol, 7 Copa del Rey, 4 Liga Champions, 3 Piala Dunia Antarklub, dan 3 Piala Super Eropa.

Lionel Messi juga jadi pemain dengan gelar El Pichichi (top scorer) terbanyak yakni delapan kali, dengan tiga terakhir diraih secara beruntun mulai 2019 hingga 2021.
Belum lagi Messi adalah pemilik trofi Ballon d'Or terbanyak, yakni enam, mengalahkan Cristiano Ronaldo.

Kalau sudah begini, Barcelona harus ngapain untuk menggantikannya?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait