URtrending

2.200 TKI dari Malaysia Akan Dipulangkan ke Sumatera Utara, Guys!

Anita F. Nasution, Rabu, 6 Mei 2020 13.59 | Waktu baca 1 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
2.200 TKI dari Malaysia Akan Dipulangkan ke Sumatera Utara, Guys!
Image: Petugas medis Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumut memeriksa suhu tubuh seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Malaysia. (Ilustrasi/ANTARA)

Medan - Usai memulangkan sejumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Sumatera Utara beberapa waktu yang lalu, negara Malaysia akan kembali memulangkan sedikitnya 2.200 TKI ke Indonesia melalui Sumatera Utara. 

Menanggapai hal tersebut, Pemprov Sumatera Utara akan melakukan sejumlah langkah-langkah penerimaan TKI. 

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Sabrina mengkonfirmasi kabar tersebut dan meminta sejumlah daerah untuk melakukan persiapan penanganan mengantisipasi penyebaran virus COVID-19 di Sumatera Utara. 

"Untuk itu, pemerintah kabupaten/kota di pantai timur seperti Batubara, Asahan dan Tanjungbalai diminta melakukan persiapan penanganannya, terutama untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 di Sumut," ujar Sabrina pada Selasa, 5 Mei 2020.

Persiapan yang dilakukan asalah dengan menyiapkan sejumlah protokol kesehatan, lokasi karantina bagi TKI yang akan masuk ke Sumatera Utara dan pemeriksaan kesehatan menggunakan rapid test. 

Selain itu seluruh kendaraan pengangkut TKI dari pelabuhan menuju lokasi karantina harus di sterilkan sebelum dan sesudah mengangkut para TKI. 

"Bila ada yang positif langsung dibawa ke rumah sakit rujukan dan TKI yang negatif dibawa ke lokasi karantina," tambah Sabrina. 

Kemudian, pendataan TKI yang masuk ke Sumatera Utara juga perlu dilakukan ulang sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing. 

Hal tersebut dikarenakan TKI yang akan dipulangkan diketahui berasal dari sejumlah wilayah di Indonesia seperti Pulau Jawa, Kalimantan dan Bali.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait