Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
Beautydoozy

3 Cara Menghindari Drama di Kantor

Kintan Lestari,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
3 Cara Menghindari Drama di Kantor
Image: Ilustrasi cewek menggosip. (Freepik/teksemolika)

Jakarta - Kantor ternyata tidak hanya jadi tempat bekerja, tapi juga tempat drama kehidupan manusia. Ada gosip-gosip, persaingan, romansa yang intinya semua itu jadi bahan omongan.

Bahan omongan itu kadang-kadang jadi drama yang bikin suasana jadi nggak enak, bahkan sampai menegangkan. Dan sebagai orang yang bekerja di situ, terkadang kita juga ikut terseret ke dalamnya.

Kalau sudah terseret dalam drama kantor, dampaknya kamu akan diminta memilih satu sisi dan itu bakal bikin pekerjaan kamu terganggu. So, baiknya ya kita jangan sampai terseret drama kantor.

Lantas bagaimana cara menghindari drama di kantor? Simak 3 cara berikut ini supaya kamu terhindar dari drama di kantor seperti yang Urbanasia rangkum dari berbagai sumber.

1. Perlakukan Rekan Kerja Setara

1639568923-ilustrasi-kantor.jpgSumber: Ilustrasi teman kantor. (Pixabay)

Dulu waktu sekolah kita mencari orang yang klik dengan kita. Dan memperlakukan orang tersebut lebih spesial dibanding teman lainnya. Tapi kita kan makin dewasa ya, jadi seiring bertambahnya usia perlakukan semua orang setara.

Perlakukan mereka, mulai dari petugas kebersihan, teman semeja, sampai bos dengan rasa hormat yang sama. Itu juga merupakan kunci untuk mempertahankan reputasi yang positif di tempat kerja.

2. Hindari Orang yang Suka Komplain

1615793171-alasan-cewek-gosip---freepik-drobotdean.jpgSumber: Ilustrasi cewek menggosip. (Freepik/drobotdean)

Dalam buku 'Stop Complainers and Energy Drainers' karya Lind Swindling, sang penulis melakukan survei pada pekerja dan menemukan kalau 78 persen peserta menghabiskan 3-6 jam seminggu mendengarkan temannya yang suka komplain.

Semakin banyak kamu bergaul dengan kelompok yang suka komplain, semakin banyak waktu yang akan kamu buang untuk mendengarkan percakapan beracun itu. Kamu boleh saja mendengar keluhan orang, tapi pasang tenggat waktu supaya kamu tetap produktif.

3. Ambil Jeda Sejenak

1597301959-meditasi-pixabay.jfifSumber: Ilustrasi meditasi. (Pixabay)

Kamu merasa rekan kerjamu sedang 'menyerang' pekerjaan atau ide-ide kamu. Kamu mungkin diam, tapi ini terus terjadi. Yap, tinggal menunggu waktu saja sampai semua itu meledak dan jadi drama. Setiap kali kamu merasa emosimu akan lepas kendali, ambil jeda sejenak untuk menenangkan diri.

Itu dia 3 cara terhindar dari drama di kantor supaya kehidupan profesional kamu tenang. Semoga informasinya bermanfaat!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait