beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

3 Cara Mengkritik Rekan Kerja dengan Baik

Kintan Lestari,
9 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
3 Cara Mengkritik Rekan Kerja dengan Baik
Image: Ilustrasi karyawan kantor (Free photos/Pixabay)

Jakarta - Kritikan adalah suatu hal yang baik. Lewat kritikan, kamu jadi tahu letak kekurangan kamu dan hal yang perlu diperbaiki.

Dan kritikan nggak harus dari orang yang punya power ke yang tidak, seperti dari bos ke karyawan atau dari kepala sekolah ke guru. Kritik boleh kok ke sesama teman.

Di kantor, pasti deh kamu punya beberapa keluhan tentang rekan kerja kamu. Dan biasanya keluhan itu kamu sampaikan lewat 'jalur belakang' alias gibah. Padahal harusnya langsung saja di depan orangnya langsung.

Tapi karena rasa nggak enak dan khawatir kerja tim jadi terganggu, uneg-uneg itu akhirnya keluar tapi dibicarkan ke orang lain, bukan ke orang 'yang bermasalah' langsung.

Buat kamu yang punya uneg-uneg ke rekan kerja, kamu bisa kok memberikan kritikan langsung ke orangnya. Hanya saja lontarkan kritikanmu dengan hati-hati supaya rekan kerjamu nggak tersinggung.

Begini cara-cara untuk mengkritik rekan kerja dengan baik seperti dikutip dari The Seattles Times.

1. Fokus di Satu Masalah

1628762066-lowongan-kerja.jpgSumber: Ilustrasi kerja (Pixabay/StartupStockPhotos)

Uneg-uneg kamu soal rekan kerja yang mempengaruhi kerja tim mungkin banyak. Tapi baiknya lontarkan kritikan di satu masalah lebih dulu. Langsung membeberkan semua kritikan justru terasa seperti serangan bagi rekan yang dikritik.

Apalagi kita cenderung lebih mengingat komentar negatif daripada komentar positif. Jadi bisa saja kalau sekaligus kritikan dilontarkan, kata-kata kamu mungkin akan tertanam di otak rekan kerja selamanya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait