beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

3 Influencer Kecantikan Ini Pernah Jadi Korban Body Shaming

3 Influencer Kecantikan Ini Pernah Jadi Korban Body Shaming
Image: Ilustrasi body shaming. (Net)

Jakarta - Fenomena body shaming mungkin bukan hal yang asing lagi terjadi di lingkungan sekitar kita. Namun hal tersebut tidak menjadi pembenaran seseorang yang melakukan body shaming terhadap orang lain karena menyangkut kesehatan mental seseorang. 

Adanya gambaran tubuh ideal yang berkembang di Indonesia kerap kali menjadi salah satu penyebab fenomena ini sering terjadi. 

Tak hanya di lingkungan masyarakat umum, tetapi juga terjadi di kalangan influencer. Tidak sedikit influencer yang juga pernah menjadi body shaming dari orang lain.

Berikut Urbanasia rangkum dari podcast 'Cerita Parapuan' beberapa influencer yang mengaku pernah mengalami body shaming.

1. Agnes Oryza

1655200361-agnes-oryza.jpgSumber: Agnes Oryza (instagram/@agnesoryza)

Siapa sangka jika salah satu beauty blogger Indonesia, Agnes Oryza pernah menerima body shaming saat dia tengah duduk di bangku sekolah. 

Rambutnya yang keriting seringkali membuatnya merasa berbeda dari dari teman-temannya dan membuat banyak orang menghujat penampilan rambut Agnes yang masih dianggap aneh. 

Agnes menceritakan rasa tidak percaya dirinya semasa sekolah karena menjadi satu-satunya orang yang memiliki rambut keriting di keluarganya. Ia juga menyampaikan bahwa pernah mengalami body shaming oleh teman-temannya.

"Sama temen itu dikata-katainnya parah, secara verbal. Coba deh kamu jangan makan mie instan, coba kalo kamu ngga makan nanti lurus rambutnya," katanya.

2. Ratu Ghania 

1655200419-ratu-ghania.jpgSumber: Ratu Ghania (instagram/@ratughania)

Hal serupa dialami oleh beauty enthusiast, Ratu Ghania yang sedang mengkampanyekan gerakan body positivity dengan wajahnya yang sedang berjerawat. Ia mengaku pernah mengalami body shaming dari orang yang tidak dikenal bahkan dari orang terdekatnya.

"Semua orang bahas jerawat gue, mau yang terdekat sampai yang nggak kenal," cerita Ratu. 

Ia mengungkapkan bahwa saudara dan tante-tantenya banyak yang melakukan body shaming kepadanya dengan ungkapan-ungkapan yang menyakiti hatinya.

3. Ashilla Shikado 

1655200468-ashilla-shikado.jpgSumber: Ashilla Shikado (instagram/@ashillasikado)

Konten kreator kecantikan Ashilla Shikado ternyata juga pernah mengalami hal yang sama, yaitu body shaming. 

Ashilla yang dikenal dengan kepercayaan dirinya ini ternyata sering mendapatkan komentar negatif lantaran berat badannya yang berlebih. Komentar tentang fisik yang tidak menyenangkan ini ia dapatkan dari teman dan keluarganya. 

"Dulu berat badan aku berlebih, di sosmed tiap hari ada orang yang aku blokir karena komentar tentang fisik," ungkap Ashilla.

Fenomena body shaming yang terjadi di kalangan influencer ini menjadi bukti bahwa siapa saja dapat menjadi sasaran dari jahatnya komentar orang lain. 

Oleh karena itu, belajar mengenal tentang body positivity adalah hal yang penting sebagai tameng menghadapi fenomena ini.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait