menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URamadan

3 Tips Aman Minum Kopi saat Menjalani Puasa Ramadan

Nivita Saldyni,
24 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
3 Tips Aman Minum Kopi saat Menjalani Puasa Ramadan
Image: Ilustrasi minum kopi. (Pixabay)

Jakarta - Bagi Urbanreaders yang hobi minum kopi, mungkin akan terasa berat jika harus meninggalkan kebiasaan satu ini saat harus puasa di bulan Ramadan. Apalagi saat bulan Ramadan, minum kopi hanya bisa dilakukan di rentang buka puasa hingga sahur.

Dilansir dari situs Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, minum kopi nggak dianjurkan saat berbuka puasa maupun sahur. Sebab hal ini bisa memicu efek diuretik atau meningkatnya frekuensi buang air kecil dan menyebabkan dehidrasi.

Banyak ahli berpendapat bahwa sebenarnya ngga ada larangan minum kopi saat bulan Ramadan bagi kamu yang menjalankan ibadah puasa. Asal, kamu nggak bisa sembarangan minum kopi seperti di bulan-bulan lainnya.

Lalu bagaimana tips yang aman minum kopi saat berpuasa di bulan Ramadan yang aman bagi kesehatan? Berikut Urbanasia rangkum dari berbagai sumber, tiga tips aman minum kopi selama bulan Ramadan:

1. Pilih waktu yang tepat

Seperti yang disampaikan sebelumnya, kamu yang berpuasa di bulan Ramadan nggak bisa sembarangan minum kopi. Untuk itu penting mengetahui waktu-waktu 'aman' minum kopi di rentang berbuka hingga sahur.

Dikutip dari HelloSehat, setelah berbuka puasa adalah waktu yang tepat. Asal kamu memberikan jeda waktu satu sampai dua jam setelah perut terisi makanan ya, guys.

Namun ingat, dianjurkan juga untuk minum kopi tidak di atas jam 8 malam guys. Sebab jika lewat dari jam 8 malam, dikhawatirkan akan mengganggu siklus tidurmu. Bisa jadi kamu juga nggak bisa tidur nyenyak.

2. Kurangi porsi

Dilansir dari Mvslim, menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) dan Otoritas Keamanan Makanan Eropa (EFSA) mengatakan jumlah aman tanpa efek berbahaya untuk konsumsi kafein adalah 400mg sehari atau setara dengan 2-3 cangkir kopi hitam. 

Nah batas tersebut adalah anjuran untuk orang-orang yang jadwal makannya teratur, bukan untuk kamu yang sedang berpuasa. Namun bagi yang sudah terbiasa, menghilangkan kafein secara tiba-tiba bisa menyebabkan masalah kesehatan. Seperti sakit kepala, kelelahan, gampang marah dan suasana hati tertekan.

Untuk itu kamu bisa mencoba untuk mengurangi sedikit demi sedikit sejak sebelum bulan Ramadan tiba. Misalnya kalau biasanya sehari kamu minum secangkir kopi, maka kurangi jadi setengahnya. Namun jika tak sempat, kamu bisa mengurangi asupan kafein pada kopi hingga 200 – 300 mg atau setara dengan satu cangkir kopi saat berpuasa di bulan Ramadan.

3. Pilih kopi yang tepat

Selama berpuasa, pastikan untuk mengonsumsi koi dengan kandungan kafein rendah. Atau kamu bisa juga memilih jenis kopi decaf (tanpa kafein). Nah jika kopi yang biasa kamu minum punya kandungan kafein tinggi, segera beralih ke kopi rendah kafein ya guys.

Kopi decaf sendiri punya jumlah kafein yang sangat rendah. Sebab 94 - 98 persen kadar kafein mereka telah dihilangkan. Yah mungkin rasanya akan berbeda dibanding kopi yang biasa kamu minum, tapi hal ini baik dilakukan untuk pecinta kopi agar puasa di bulan Ramadan bisa berjalan lancar.

Nah itu dia tiga tips aman minum kopi untuk kamu yang sedang berpuasa di bulan Ramadan. Namun jika kamu masih ragu, ada baiknya konsultasikan ke dokter masing-masing dulu ya guys. Semoga bermanfaat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait