beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

385 Siswa Magang SMKN 6 Malang Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

Shelly Lisdya,
lebih dari 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
385 Siswa Magang SMKN 6 Malang Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan
Image: Penyerahan secara simbolis kartu BPJS TK kepada siswi SMKN 6 Malang. (Lisdya Shelly/Urbanasia)

Malang - Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Malang yang tengah melakukan praktik kerja lapangan (PKL) telah terdaftar dalam jaminan sosial tenaga kerja Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK).

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Malang, Imam Santoso menyebut, sebanyak 385 siswa SMKN 6 Malang sudah tercover BPJS TK. Hal ini, guna menghindari peristiwa yang tidak diinginkan saat melakukan PKL.

Menurutnya, penting bagi peserta didik memiliki jaminan sosial sebagai pekerja selama masa PKL. Hal ini guna terlindungi dari kecelakaan kerja dan kematian.

"Ada dua program, kecelakaan kerja dan kematian siswa. Dan saat ini, siswa yang magang wajib memiliki BPJS tenaga kerja. Untuk menghindari kecelakaan saat di lapangan," ujarnya kepada awak media, Kamis (17/12/2020).

Sedangkan untuk premi jaminan sosial bagi pelajar PKL dan mahasiswa magang ini, hanya perlu membayar Rp 16.800 perbulan.

Sementara itu, Kepala SMKN 6 Malang, Sidik Priyono mengatakan, jika pihaknya baru pertama kali ini mendaftarkan siswa-siswinya yang magang tercover BPJS TK.

"Baru tahun ini, sebelumnya pakai asuransi lain. Kalau menurut aturan, sekolah harus kerjasamanya dengan BPJS tenaga kerja," katanya.

Kendati belum pernah terjadi kecelakaan kerja selama peserta didiknya magang, namun ia berharap dengan adanya BPJS TK ini para siswa-siswinya dapat terlindungi.

"Jangan sampai terjadi kecelakaan, kasihan nanti orangtuanya. Untuk itu penting sekali adanya BPJS TK ini. Saat ini ada delapan jurusan yang sedang magang di industri-industri," tandasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait