Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

4 Bahaya Konsumsi Makanan Manis Berlebih

Alwin Jalliyani,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Bahaya Konsumsi Makanan Manis Berlebih
Image: Ilustrasi makanan manis. (Freepik/wayhomestudio)

Jakarta - Sebagian orang menyukai makanan dan minuman manis secara berlebihan. Padahal, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah merekomendasikan asupan gula per hari yakni 10 persen dari total energi (200 kkal) atau setara dengan 4 sendok makan per hari (50 gram/orang/hari).

Berikut beberapa bahaya mengkonsumsi manis berlebih versi Dripsweet.

1. Obesitas

1598365407-risiko-kegemukan.jpgSumber: Ilustrasi obesitas atau kegemukan. (Freepik)

Konsumsi gula berlebih akan meningkatkan risiko terkena obesitas. Kadar gula yang berlebih dalam tubuh meningkatkan risiko resistensi leptin. Perlu diketahui, leptin merupakan protein yang berfungsi memberikan penanda lapar atau kenyang. Bila mengalami resistensi leptin, kamu tidak akan berhenti makan karena otak tidak merasa kenyang meski sudah banyak makan.

2. Diabetes

1594993288-komplikasi-diabetes4.jpgSumber: Ilustrasi diabetes. (freepik)

Sudah menjadi rahasia umum apabila terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman manis akan meningkatkan risiko diabetis. Gula tidak secara langsung menyebabkan diabetes, tetapi penyakit ini lebih mungkin dialami ketika kamu mengalami obesitas. Biasanya, berat badan akan bertambah saat tubuh mendapatkan lebih banyak kalori.

 3. Tekanan darah tinggi

1615552025-konsumsi-makanan---freepik-bearfotos.jpgSumber: Ilustrasi makan. (Freepik/bearfotos)

Selanjutnya, tekanan darah tinggi menjadi salah satu bahaya mengkonsumsi kadar gula yang berlebih. Contohnya, penyakit obesitas yang disebabkan konsumsi gula berlebih akan meningkatkan kadar glukosa dalam darah. Seiring waktu, hal ini bisa meningkatkan risiko darah tinggi dan penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung koroner.

4. Kerusakan gigi

1609900982-kesehatan-gigi.jpgSumber: Ilustrasi kesehatan gigi. (Freepik)

Bahaya selanjutnya adalah kerusakan pada gigi. Hal ini dikarenakan gula pada makanan dan minuman menjadi penyebab utama perkembangan karies gigi atau gigi berlubang.

Bakteri dalam plak akan memanfaatkan gula sebagai energi dan melepaskan asam sebagai produk limbah. Kondisi tersebut dapat melarutkan email gigi secara bertahap yang menyebabkan karies.

Untuk mengurangi risiko tersebut, kamu bisa membaca informasi gizi produk sebelum membeli, pilih buah yang segar, kurangi konsumsi soda, batasi penggunaan gula, dan menggunakan pemanis alami seperti Dripsweet

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait