Hot News

Jakarta - Tetap beraktivitas di rumah menjadi pilihan terbaik demi mencegah penyebaran COVID-19. Namun self quarantine atau karantina mandiri juga bisa memunculkan masalah kesehatan lain nih guys jika kamu lalai menjaga pola makan dan hidup sehat.

Contoh saja bagi kamu yang setiap hari mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula, kadar gula darah yang naik juga bisa mengancam kamu menjadi diabetes.

Melansir Indianexpress, kecemasan yang timbul selama di rumah membuat banyak orang mengkonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung gula. Tercatat juga terjadi kenaikan 20% gula darah pada 8.200 pasien diabetes di seluruh dunia.

Menjaga kadar gula darah sebenarnya bisa kamu lakukan dengan cara yang sederhana guys. Rutin beraktivitas fisik dan menjaga nutrisi adalah langkah pencegahan terbaik yang bisa kamu lakukan di rumah.

Lalu, bagaimana agar kita bisa terhindar dari gejala diabetes selama di rumah aja? Berikut tips ala Erafon yang wajib kamu simak. Di antaranya:

1. Perbanyak Aktivitas Fisik

1585126746-WFH.jpgSumber: Ilustrasi work from home (Freepik)

Melansir jurnal Pediatric Academic Societies, orang dewasa yang terbiasa duduk lebih dari tiga jam setiap hari berisiko tinggi mengalami kematian dini karena penyakit kronis, termasuk diabetes.

Cara pencegahan diabetes yang bisa dilakukan sehari-hari agar tubuh bergerak lebih aktif dengan memperbanyak aktivitas berjalan kaki, naik tangga, berkebun, dan membersihkan rumah.

Supaya tidak bosan dan sekaligus referensi, coba banyakin nonton video di YouTube atau merekam aktivitasmu sendiri dengan smartphone yang memiliki kamera mumpuni seperti iPhone, Samsung, OPPO, Huawei, atau Vivo.

Nggak cuma kualitas kamera, smartphone layar lebar dan spesifikasi mumpuni juga nampaknya dibutuhkan nih biar aktivitasmu bisa lebih mudah dan produktif.

2. Menu Makan Sehat

healthy food pixabay.jpgSumber: Ilustrasi (pixabay)

Diet yang sesuai merupakan cara yang banyak dipilih untuk mencegah diabetes, guys. Pencegahan ini dapat mengendalikan berat badan tetap ideal sehingga risiko diabetes akan menurun. Menjaga nutrisi makanan juga salah satu langkah dari diet sehat.

Hindari makanan tinggi lemak jenuh dan olahan seperti susu sapi berlemak, keju, es krim, sosis, nugget, kue, dan gorengan.

Konsumsi juga karbohidrat kompleks seperti nasi merah, buah, sayur, dan biji-bijian. Perbanyak makanan tinggi serat seperti kacang merah, kacang polong, buah, dan sayur.

3. Makan di Piring Kecil

1591347120-makanan-gak-bikin-gemuk.jpgSumber: Ilustrasi makanan anti gemuk. (freepik)

Kalau sudah perhatikan nutrisi, nah perhatikan juga porsi makannya ya, Urbanreaders. Apalagi buat kamu yang hobi makan porsi jumbo.

Makan dengan porsi berlebih artinya mengonsumsi lebih banyak kalori dari yang dibutuhkan. Kondisi inilah yang bisa meningkatkan berat badan dan risiko diabetes.

Caranya, kamu bisa menggunakan piring yang lebih kecil saat makan. Makan dengan piring kecil bikin kamu nggak sadar sedang mengurangi porsi makan lebih sedikit dari biasanya.

4. Sediakan Waktu Olahraga

1587381920-tanda-kurang-olga2.jpgSumber: Ilustrasi olahraga. (Freepik)

Olahraga dapat membantu membakar kalori untuk menghasilkan energi dan menyimpan glukosa ke otot untuk cadangan energi sehingga gula tidak menumpuk dalam darah.

Selain itu, melakukan olahraga yang melatih ketahanan otot dianggap lebih baik dalam meningkatkan sensitivitas insulin. Fakta menariknya, olahraga dapat meningkatkan sensitivitas insulin selama kurang lebih 2-48 jam, tergantung dari jenis olahraganya.

Nah, kamu yang butuh akses konten olahraga sambil workout, bisa menggunakan aneka gadget mulai dari tablet Apple iPad, Samsung Galaxy Tab, atau Huawei MatePad. Layar tablet yang lebih besar membuat olahraga di rumah jadi makin mudah, guys.

Meskipun layarnya lebih lebar dibanding smartphone, tablet jelas lebih enak dibawa mobile. Apalagi tablet dari Apple, Samsung, atau Huawei juga sudah dilengkapi aksesoris seperti smart keyboard atau stylus.

5. Penuhi Cairan Tubuh

1595059353-minum-air2.jpgSumber: Minum air putih. (Freepik)

Tubuh manusia terdiri dari 70% air. Daripada minum minuman manis, kenapa tidak memperbanyak air mineral saja? Cara mencegah diabetes ini dapat meningkatkan kemampuan sel-sel tubuh merespon insulin dengan baik karena tubuh membutuhkan 7-8 liter air mineral per hari.

Nah, supaya terbiasa minum air putih untuk mencegah diabetes, mulailah dengan membawa botol minum sendiri kemanapun kamu jogging atau berjalan-jalan di sekitar perumahan. Selain itu, sediakan juga air minum di ruang kerja dan kamar.

Lima tips tersebut menjadi cara yang paling mudah dilakukan agar kita tetap sehat meskipun disibukkan dengan berbagai kegiatan yang berubah menjadi online dan virtual.

Bahkan, untuk memenuhi berbagai kebutuhan pun kini dengan mudahnya bisa diakses hanya melalui genggaman termasuk belanja gadget di Erafone Fair yang banyak memberikan insight soal gadget untuk kebutuhan produktivitas dari rumah.

Erafone juga berkomitmen menjual produk bergaransi resmi, jaminan keamanan, dan pengalaman extraordinary dalam belanja online. Karena saat berbelanja kamu juga disuguhkan informasi produk lewat diskusi dan product knowledge.

Memudahkan pembeli, pengiriman barang pun tersedia dengan 3 cara yaitu lewat JNE, langsung dikirim kurir dari store terdekat dengan EraXPress atau belanja online dan langsung ambil barangnya di toko terdekat dengan layanan ClickNPickup.

Jadi, meskipun sibuk belanja online dan pilah-pilih gadget, tetap selalu jaga kesehatan dengan 5 tips tadi ya guys!


Loading ..