menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

4 Cara Atasi Sakit Leher dan Punggung Akibat WFH

Itha Prabandhani,
8 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Cara Atasi Sakit Leher dan Punggung Akibat WFH
Image: Ilustrasi bekerja. (Freepik)

Jakarta - Apakah kamu mengalami sakit leher dan punggung sejak work from home (WFH)? Tenang, kamu nggak sendiri, guys. Banyak orang yang mengalami sakit serupa sejak pandemi mengharuskan kita bekerja dari rumah.

Seperti dilansir dari Bustle, Dr. Mona Zall, D.O., seorang dokter spesialis di bidang Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi dari Cedars-Sinai Kerlan-Jobe Institute, di Los Angeles, AS, mengatakan sakit leher dan punggung menjadi keluhan baru para pasien yang bekerja dari rumah. 

Pasalnya, saat kamu menghabiskan waktu di rumah untuk bekerja dan melakukan aktivitas keseharianmu, tubuhmu banyak mengalami perubahan keseimbangan. Ditambah lagi, banyak orang mengaku lebih stres saat WFH ketimbang bekerja di kantor.

Stres yang dialami selama pandemi ini, juga menyebabkan sakit pada tubuh, di antaranya leher kaku dan sakit punggung. Jadi, kalau selama beberapa bulan terakhir kamu mengalami sakit di area punggung dan leher, stres akibat pandemi inilah yang jadi biang keroknya.

Tak hanya sakit leher dan punggung, Dr. Zall mengatakan bahwa stres akibat pandemi juga telah membuat banyak orang mengalami gangguan tidur atau insomnia. Karena itu, Dr. Zall menyarankan beberapa hal berikut untuk mengatasi gangguan kesehatan selama WFH ini.

1. Perhatikan Cara Duduk

1585126746-WFH.jpgSumber: Freepik

Meskipun kamu sudah mengatur tempat bekerja di rumah senyaman mungkin, kamu perlu memperhatikan posisi duduk kamu, guys. Cara kamu duduk bisa memengaruhi kondisi otot leher dan punggung. Begini posisi duduk yang disarankan:

• Usahakan menggunakan meja dan kursi kerja yang biasanya didesain ergonomis. Jika tidak ada, gunakan meja dan kursi yang ada di rumah, namun pastikan posisi meja lebih tinggi daripada kursi.

• Taruh komputer atau laptop pada posisi sejajar dengan pandangan mata kamu. Hindari melihat ke arah komputer dengan posisi menunduk.

• Posisikan kaki menapak ke lantai.

• Pastikan sandaran kursi bisa menopang badan kamu pada posisi tegak.

• Perhatikan postur saat duduk dan taruh beban badan pada tulang duduk dan bukan tulang ekor.

 2. Istirahat Setiap 30 Menit

1593661177-istirahat.jpgSumber: Freepik

Berikan waktu istirahat untuk tubuh kamu setiap 30 menit. Berdirilah dan berjalanlah sebentar untuk menggerakkan otot-otot di badan kamu. Kamu juga bisa stretching atau berolahraga ringan selama 10 menit. Lalu, kembali ke laptop.

3. Fokuskan Olahraga pada Tulang Belakang dan Otot

GerakanOlahragaKerja.jpegSumber: Freepik

Pilihlah jenis olahraga yang bisa membantu menguatkan tulang belakang dan otot kamu, seperti pilates atau latihan core. Kamu bisa melakukan plank, crunch, dan latihan beban menggunakan dumbbell.

4. Kelola Stres

1598365245-stress-(1).jpgSumber: Ilustrasi stres. (Freepik)

Kesehatan mental juga berpengaruh besar pada kesehatan fisik kamu. Saat mengalami stres, badan kamu pun akan sakit akibat ketegangan yang kamu rasakan. 

Temukan hal-hal yang bisa membantumu merasa lebih tenang dan rileks, seperti yoga, meditasi, atau latihan pernapasan. Saat stres berkurang, kamu pun bisa tidur dengan lebih berkualitas, sehingga tubuh akan merasa segar ketika bangun.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait