beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

4 Cara Jitu Atasi Rambut Rontok, Yuk Dicoba!

Izzah Putri Jurianto,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Cara Jitu Atasi Rambut Rontok, Yuk Dicoba!
Image: Ilustrasi rambut rontok. (Pinterest/findyourmomtribe)

Jakarta - Rambut rontok menjadi satu hal yang menyebalkan bagi yang merasakannya. Kondisi semacam ini dapat terjadi kepada siapa pun, baik pria maupun wanita. Penyebabnya bermacam-macam, ada yang memang faktor genetik, ada pula yang disebabkan karena kurangnya perawatan terhadap rambut. 

Kerontokan pada rambut bisa kamu atasi dengan cara alami maupun medis. Namun, perawatannya harus disesuaikan dengan jenis masalah yang terjadi agar tidak salah perawatan. Mau tau bagaimana tipsnya? Yuk kita bahas bareng-bareng!

1. Konsumsi Makanan dengan Gizi Seimbang

1656345223-Cover-ilustrasi-makanan-sehat.jpgSumber: Ilustrasi makanan sehat (Pinterest/downshiftology)

Tubuh yang kurang asupan makanan bernutrisi dapat memicu terjadinya berbagai konsekuensi, salah satunya adalah rambut yang mudah rontok. Mulai sekarang, konsumsilah makanan yang mengandung protein, zat besi, vitamin A, vitamin D, dan vitamin E. Kandungan-kandungan tersebut bisa kamu peroleh dari telur, daging, makanan laut, dan sayuran.

Sebisa mungkin kurangi konsumsi makanan cepat saji. Selain kurang manfaatnya bagi kesehatan rambut, fast food juga tidak baik untuk kesehatan badan.

2. Hindari Stres Berlebih

1647505126-Stres-(Freepikjcomp).jpegSumber: Ilustrasi stres. (Freepik/jcomp)

Stres dapat menyebabkan tubuh memproduksi hormon-hormon negatif. Hal inilah yang kemudian memicu rambut menjadi rapuh dan mudah rontok.

Emang sih, dalam hidup rasanya nggak mungkin banget kalau nggak mengalami stres. Tapi, kita bisa loh, mengelola stres supaya tidak berlarut-larut. Misalnya, kalau sedang suntuk kerja kita bisa istirahat sebentar dan mencari hiburan sebelum kembali produktif, asalkan tidak mengabaikan tanggung jawab.

3. Styling Rambut dengan Hati-Hati

1654147049-hair-dryer.jpgSumber: Ilustrasi pakai hair dryer. (Pexels/RODNAE Productions)

Styling rambut adalah kegiatan yang cukup mengasyikkan. Dengan rambut yang diberi gaya lucu, bikin penampilan jadi makin cantik dan percaya diri. Akan tetapi, terlalu sering menggunakan alat-alat styling rambut seperti hair dryer dan catokan membuat rambut kasar, mudah patah, dan bercabang. 

Supaya kerusakannya nggak makin parah, mulailah bijaksana dalam menata rambut. Kamu bisa mencoba kurangi penggunaan alat styling rambut jika tidak terlalu mendesak. Pilihan lainnya yang juga bisa kamu coba yaitu menggunakan produk-produk yang mengandung heat protector, agar rambut tetap terlindungi saat dikeringkan atau dicatok.

4. Minta Bantuan Dokter 

1659066900-kebotakan.jpgSumber: Ilustrasi kebotakan. (Freepik)

Langkah terakhir saat kondisi rambut tidak kunjung membaik adalah dengan datang ke ahlinya. Kamu bisa melakukan check up ke dokter spesialis kulit untuk memeriksa penyebab kerontokan rambut. Saat diperiksa oleh dokter, kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat. Selain itu, langkah penanganannya pun juga dipastikan aman untuk rambut. 

Urbanreaders yang punya masalah rambut rontok, nggak perlu khawatir ya. Mending langsung aja cobain tips-tips dari Urbanasia di atas deh. Simpel, tapi tetap ampuh!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait