Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

4 Cara Memaksimalkan Masker Agar Efektif Tangkal COVID-19

Nivita Saldyni,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Cara Memaksimalkan Masker Agar Efektif Tangkal COVID-19
Image: Ilustrasi Pakai Masker. (Pixabay/LDNhân)

Surabaya - Tahun ini kita masih harus hidup berdampingan dengan virus Corona. Alhasil perubahan terhadap gaya hidup kita pun berubah agar terlindungi dan terhindar dari penularan COVID-19, salah satunya dengan memakai masker.

Nah Dosen Fakultas Kesehatan (FK) Universitas Airlangga (Unair), Diansanto Prayoga menilai, masih banyak masyarakat yang melakukan kesalahan dalam memakai masker hingga saat ini.

Untuk itu, menurut Dian, ada empat hal penting yang harus diketahui dan dipahami masyarakat dalam penggunaan masker selama pandemi ini.

1. Ganti Maskermu Secara Berkala

1590757872-lindungi-wajah-dari-masker.jpgSumber: Ilustrasi masker wajah. (freepik)

Pertama, jangan malas untuk mengganti masker secara berkala. Menurut Dian, masker harus diganti setiap empat jam sekali. 

“Kelalaian yang sering dilakukan adalah memakai kembali masker yang sebelumnya sudah dipakai dengan alasan eman (sayang) baru dipakai sekian menit atau satu jam. Walaupun baru dipakai sebentar, kita tidak tahu apakah lapisan luar masker itu sudah terpapar virus atau belum," kata Dian seperti dikutip dari situs resmi Unair, Kamis (19/8/2021).

Oleh sebab itu, ia menyarankan agar kita selalu mengganti masker saat berkegiatan di luar rumah. Dia juga mengingatkan agar kita selalu membawa masker cadangan ketika keluar rumah.

"Jadi, saya sarankan untuk selalu mengganti masker setelah keluar atau berada di keramaian,” imbuhnya.

2. Pilih Masker yang Sesuai Standar dan Memiliki Izin Edar

1613961522-Ilustrasi-Masker.jpgSumber: Ilustrasi Pakai Masker. (Pixabay/coyot)

Kedua, jangan asal beli masker. Dian mengatakan kita harus memilih masker medis yang sesuai dengan standar dan surat izin edar, jangan hanya tergiur untuk membeli karena harganya yang murah.

Sehingga jangan lupa, setiap membeli masker selalu cek label dalam kebasannya. Kamu juga bisa mengecek keterangan izin edar di setiap kemasan box masker sebelum membelinya, guys.

3. Penggunaan Masker saat Berolahraga

1610606905-hal-yang-bikin-terjangkit-virus.jpgSumber: Ilustrasi penggunaan masker. (Freepik)

Dian mengatakan, jika kita berolahraga sendirian di tempat yang dirasa aman, maka boleh menurunkan masker. Sebaliknya, kalau kita berolahraga bersama dengan orang lain, maka tetaplah gunakan maskermu.

“Yang dikhawatirkan itu ketika bersepeda ramai-ramai. Titik lengahnya ialah setelah muter-muter sepedaan biasanya kita akan berhenti sejenak ngumpul untuk makan bersama. Nah, ini yang harus hati-hati dan perlu diperhatikan keamanannya,” ungkap Dian.

Bahkan ketika berbicara dengan orang lain, ia menyarankan lebih baik tetap memakai masker meskipun kita saling percaya jika lawan bicara itu sehat. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko penularan.

4. Gunakan Masker Dobel dengan Benar

1598763080-masker-freepik.jpgSumber: Ilustrasi pemakaian masker. (Freepik)

Munculnya mutasi virus COVID-19 yang lebih cepat menular membuat kita harus meningkatkan kewaspadaan. Salah satu cara yang disarankan para ahli adalah menggunakan masker dobel alias rangkap dua.

Namun sayangnya, masih banyak yang keliru memaknai anjuran tersebut, seperti misalnya menggunakan dua masker medis secara bersamaan. Sebab menurut Dian, masker medis tak dirancang untuk digunakan secara bersamaan dua lapis.

“Gunakanlah masker medis sebagai lapisan dalam, baru kemudian dilapisi masker kain di luarnya,” pesannya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait