beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

4 Cara Memperbaiki Hubungan yang Rusak Akibat Perselingkuhan

4 Cara Memperbaiki Hubungan yang Rusak Akibat Perselingkuhan
Image: Ilustrasi Pasangan (Foto: Pexels)

Jakarta - Perselingkuhan memang salah satu masalah terberat untuk diatasi dalam sebuah hubungan. Banyak orang yang memilih menyerah dan memutuskan berhenti menjalin hubungan dengan orang yang telah mengkhianatinya meski telah bertahun-tahun bersama.

Ini bukan hal yang mudah disembuhkan, tetapi menurut terapis pernikahan dan keluarga Amanda D. Mahoney, pasangan dalam kondisi tersebut bisa kembali bersama ketika seseorang yang berselingkuh memiliki kemauan untuk menebus kesalahannya.

Tentu saja tak ada pembenaran bagi perselingkuhan. Namun kemauan yang bersungguh-sungguh bisa membantu membangun kembali kepercayaan pasangan untuk memperbaiki hubungan.

Oleh karena itu, berikut beberapa tindakan yang penting dilakukan jika kamu dan pasangan ingin memperbaiki hubungan yang telah rusak karena terjadi perselingkuhan.

1. Pastikan Ada Penyesalan

Seorang spesialis hubungan, Jen Elmquist mengatakan bahwa perlu ada penyesalan yang kuat dan mendalam pada pasangan yang selingkuh. Karena hal ini bukanlah permasalahan yang sepele. Ketika pasangan yang selingkuh tidak memiliki rasa penyesalan tersebut maka tidak akan ada jalan untuk kembali memperbaiki hubungan yang sama.

2. Evaluasi Hubungan

Ini adalah langkah tersulit untuk menentukan apakah hubungan yang telah rusak bisa diperbaiki kembali atau tidak. Mahoney menyebutkan bahwa alasan yang mendorong terjadinya perselingkuhan menjadi faktor penting untuk menentukan masa depan hubungan. 

Hal ini akan membuat yang selingkuh dan yang diselingkuhi saling terbuka tentang perasaan masing-masing.

Oleh karena itu, jika pasangan yang berselingkuh tidak mau berterus terang tentang mengapa hal itu terjadi, atau malah menyalahkan keadaan, maka tidak akan ada kesempatan untuk membangun kepercayaan lagi dalam hubungan yang sama.

Menurut pelatih pernikahan Lesli Doares mengatakan bahwa satu-satunya cara untuk membangun kembali kepercayaan adalah dengan jujur mengapa hal itu terjadi sehingga ketika dihadapkan dengan situasi yang sama di masa depan, pilihan yang berbeda akan dibuat.

3. Hilangkan Godaan yang Bisa Memicu Kembali Perselingkuhan

Jika perselingkuhan sudah benar-benar berakhir, maka langkah yang harus diambil adalah memutus komunikasi dengan orang tersebut dan menetapkan batasan untuk memperbaiki kembali kepercayaan pasangan. 

"Menghapus informasi kontak, memblokir nomor, dan menghapus kontak media sosial akan menjadi penting," kata Dr. Brandon Santan, terapis pernikahan dan hubungan berlisensi yang berpraktik di Tennessee.

4. Jujur dan Tunjukkan Kembali Kepedulian Terhadap Pasangan

Selingkuh memang merusak banyak hal, namun satu faktor yang perlu ditangani untuk melewatinya yakni kurangnya kejujuran. Doares mengatakan bahwa kebohongan adalah bagian besar dari pengkhianatan, sehingga jika orang yang selingkuh ingin kembali pada pasangannya harus benar-benar transparan dalam menjawab semua pertanyaan.

Hal tersebut penting untuk membangun kembali kepercayaan dan merupakan kunci dari proses penyembuhannya. Memang akan tampak memalukan untuk mengungkapkan semuanya namun itu cara untuk mengembalikan kepercayaan pasangan untuk memiliki pondasi yang baru dan kuat dalam hubungan tersebut.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait