Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

4 Cara Mencintai Tanah Air untuk Milenial dan Gen Z

Griska Laras,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Cara Mencintai Tanah Air untuk Milenial dan Gen Z
Image: Bendera Merah Putih raksasa di depan Museum Pemuda Jakarta Pusat/ANTARA

Jakarta -  Bangsa Indonesia merayakan Hari Sumpah Pemuda ke-93, Kamis (28/10/2021).  Hari Sumpah Pemuda juga bisa dijadikan ajang untuk menguatkan rasa cinta terhadap Tanah Air loh, Urbanreaders.

Sikap cinta tanah air atau nasionalisme bisa tercermin dari perilaku sehari-hari. Misalnya bagaimana sikap seseorang menghadapi perbedaan hingga menghargai tradisi dan budayanya.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan milenial dan gen z untuk mencintai tanah air.

1. Pahami Sejarah Bangsa

Seperti kata pepatah 'tak kenal, maka tak sayang', mengetahui sejarah bangsa jadi langkah awal untuk mencintai tanah air. Membaca sejarah perjuangan pahlawan dalam meraih kemerdekaan dari tangan penjajah dapat memunculkan rasa bangga dan memupuk jiwa patriotisme dalam diri kita.

2. Bangga Pakai Produk Lokal

Bangga memakai produk buatan dalam negeri adalah salah satu cara yang bisa dilakukan generasi milenial dan gen z untuk menunjukan rasa cinta terhadap Tanah Air. Apalagi saat ini sudah banyak brand lokal yang tidak kalah keren dari buatan luar negeri, mulai dari sepatu, baju, hingga gadget. Dengan bangga memakai produk asli Indonesia, kita juga ikut serta memajukan perekonomian bangsa, loh.

3. Menghargai Perbedaan

Sebagai negara multikultural dengan ratusan suku bangsa, Indonesia rentan mengalami konflik antardaerah. Oleh karena itu, toleransi sangat diperlukan.  Dengan saling menghargai, kita sudah menerapkan semboyan 'Bhineka Tunggal Ika' sebagai identitas bangsa.

4. Menghargai Kesenian Tradisional

Melestarikan kesenian tradisional di tengah gempuran budaya asing juga menjadi bentuk cinta terhadap tanah air. Nggak ada salahnya mengidolakan artis luar negeri, tapi kamu juga perlu menghargai karya-karya seniman lokal. Apalagi saat ini sudah banyak seniman yang menggabungkan lagu maupun tradisional dengan budaya pop modern. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait