Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

4 Cara Mengembalikan Indera Penciuman karena COVID-19

Elga Nurmutia,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Cara Mengembalikan Indera Penciuman karena COVID-19
Image: Ilustrasi Anosmia. (Freepik/azerbaijan-stockers)

Jakarta - Anosmia merupakan sebuah kondisi dimana kehilangan penciuman. Sejumlah orang mengalami hal tersebut dikarenakan terkena infeksi COVID-19. Lalu, ada juga sebagian yang akan pulih sendiri dalam waktu yang sebentar atau pun lama. 

Anosmia yang disebabkan karena COVID-19 ini biasanya terjadi karena ada saraf terluka saat sakit atau adanya inflamasi. Dalam kasus tertentu, anosmia setelah pulih dari COVID-19 akan menyebabkan sinusitis kronis serta polip hidung. 

Rupanya, tidak ada perawatan khusus yang bisa dilakukan untuk mengatasi anosmia dengan cara yang cepat. Namun, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mempercepat penyembuhan. 

Sementara itu, adapun cara mengembalikan indera penciuman yang telah Urbanasia rangkum dari berbagai sumber, Rabu (22/9/2021). 

1. Melakukan Latihan Penciuman 

1632297358-cium-kopi.jpgSumber: Ilustrasi mencium kopi. (Unsplash/Battlecreek Coffee Roasters)

Melakukan latihan penciuman ini bisa membantu kamu untuk bisa mengembalikan indera penciuman. Kamu bisa mencium empat macam wangi yang kuat dalam satu hari. 

Lalu, perlu kamu pastikan juga wanginya, seperti bunga, rempah, buah, serta resin.Setiap aroma yang akan kamu gunakan ciumlah selama 20 menit. Lalu, ulangi hal tersebut selama tiga kali sehari dalam enam minggu. 

2. Minyak Castor 

1632297347-castor-oil.jpgSumber: Minyak castor. (Flickr/terry lavigne)

Minyak castor ini sejak lama digunakan dalam mengembalikan penciuman. Minyak tersebut, mampu melawan infeksi dan juga mengurangi inflamasi yang ada di saluran napas yang  dapat memicu hilangnya kemampuan untuk mencium bau. 

Caranya bisa dilakukan dengan menghangatkan minyak castor, akan tetapi perlu dipastikan tidak panas. Lalu, teteskan dua kali sehari pada lubang hidung, pagi dan juga malam sebelum tidur. 

3. Jahe 

1602208664-manfaat-jahe.jpgSumber: Jahe (Freepik)

Jahe bisa melatih indra penciuman karena aromanya yang begitu kuat. Selain itu, bisa diminum dengan bentuk teh atau minuman jahe lainnya yang bisa mengatasi inflamasi dan juga mengurangi produksi mukus yang bisa menyebabkan sumbatan pada saluran hidung.

4. Vitamin A 

1608004238-vitamin-a.jpgSumber: Ilustrasi vitamin A. (Freepik)

Meskipun belum ada bukti ilmiah yang mendukung menggunakan vitamin A. Namun, ternyata vitamin A ini memiliki potensi dalam menyembuhkan anosmia.

Nah itu dia cara yang bisa dilakukan di rumah untuk bisa mengembalikan penciuman yang hilang. Semoga bermanfaat!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait