Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Pengertian Anosmia, Penyebab sampai Penyembuhan

Kintan Lestari,
30 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pengertian Anosmia, Penyebab sampai Penyembuhan
Image: Ilustrasi Anosmia. (Pixabay/Engin_Akyurt)

Jakarta - Urbanreaders, belakangan ini kalian pasti sering mendengar anosmia kan. Apa sih itu? Anosmia adalah hilang atau tidak berfungsinya indra penciuman seseorang. 

Gejala ini muncul pada banyak pasien COVID-19. Tapi sebenarnya yang merasakan ini bukan hanya penderita COVID-19 saja, orang yang sedang flu atau alergi juga bisa mengalaminya. 

Anosmia biasanya tidak serius, tetapi kondisi ini dapat berdampak besar pada kualitas hidup seseorang. Apa sih penyebab anosmia? Bisa sembuh nggak ya?

Berikut penjelasan lengkap penyebab seseorang bisa kehilangan indra penciuman sampai penyembuhan anosmia seperti dilansir dari Healthline, Rabu (22/9/2021).

Penyebab Anosmia

Penyebab hilangnya indra penciuman bisa karena infeksi virus. Tapi bisa juga anosmia disebabkan oleh pembengkakan atau penyumbatan di hidung yang mencegah bau tidak masuk ke bagian atas hidung. 

Jadi anosmia terkadang disebabkan oleh masalah pada sistem yang mengirimkan sinyal dari hidung ke otak. Berikut ini adalah beberapa penyebab utama seseorang dapat kehilangan indera penciumannya:

1. Iritasi pada Selaput Lendir yang Melapisi Hidung

Iritasi di selaput lendir bisa menyebabkan hilangnya indra penciuman. Iritasi tersebut bisa disebabkan beberapa hal berikut:

- Infeksi sinus
- Pilek
- Merokok
- Rhinitis alergi

2. Penyumbatan Saluran Hidung

Kondisi hilangnya penciuman bisa terjadi bila ada sesuatu yang secara fisik menghalangi aliran udara ke dalam hidung. Contohnya:

- Tumor
- Polip
- Kelainan bentuk tulang di dalam hidung atau septum hidung

3. Kerusakan Otak atau Saraf

Ada reseptor di dalam hidung manusia yang mengirimkan informasi melalui saraf ke otak. Anosmia dapat terjadi bila ada bagian dari jalur ini yang rusak. Ada kondisi-kondisi tertentu yang dapat menyebabkan kerusakan pada reseptor hidung, antara lain:

- Usia tua
- Penyakit Alzheimer
- Tumor otak
- Masalah hormon
- Penyakit Huntington
- Obat-obatan
- Cedera di kepala
- Operasi otak
- Stroke

Penyembuhan Anosmia

Kalau hilang penciuman apakah bisa sembuh? Jawabannya bisa, Urbanreaders. Kehilangan indera penciuman sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya.

Waktu penyembuhannya berbeda-beda, ada yang cepat hanya dalam hitungan hari, ada juga yang makan waktu hingga berbulan-bulan. 

Akan tetapi, untuk kasus anosmia karena kecelakaan, stroke, atau polip, penderita anosmia bisa disembuhkan dengan obat-obatan tertentu atau lewat operasi. Kalau misalnya pilekmu sudah sembuh tapi tetap tidak bisa mencium apapun, maka kamu perlu juga konsultasi ke dokter.

Jadi pengobatan untuk anosmia tergantung pada penyebabnya. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait