Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

4 Daftar Bansos yang Cair November 2021, Berikut Cara Ceknya! 

Nivita Saldyni,
26 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Daftar Bansos yang Cair November 2021, Berikut Cara Ceknya! 
Image: Ilustrasi - Pengadaan bansos COVID-19. (Dok. Kemensos)

Jakarta - Pemerintah masih akan menyalurkan sejumlah bantuan sosial (bansos) di bulan November 2021. Bansos-bansos ini berasal dari bantuan sosial reguler yang ada dalam tanggung jawab Kementerian Sosial (Kemensos), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), hingga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Berikut daftar bansos yang cair pada bulan November 2021 sekaligus cara mengeceknya!

Bantuan Kuota Belajar 

Salah satu bansos yang akan akan cair pada bulan ini adalah bantuan kuota belajar dari Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Bantuan ini akan disalurkan pada 11-15 November mendatang.

Adapun yang akan mendapat bantuan adalah siswa PAUD, SD, SMP, SMA, dan mahasiswa. Bantuan juga akan diberikan untuk pengajar di tingkat pendidikan PAUD hingga perguruan tinggi. Penerima ini ditentukan lewat pengajuan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang sudah diverifikasi dan divalidasi. Berikut rincian besaran bansos kuota internet Kemendikbud Ristek:

Siswa PAUD: 7 GB per bulan

Siswa SD, SMP, dan SMA: 10 GB per bulan

Pendidik PAUD dan SD-SMA: 12 GB per bulan

Mahasiswa dan Dosen: 15 GB per bulan

Cara cek bansos kuota internet:

Untuk mengecek apakah bantuan kuota internet sudah masuk atau belum kamu bisa memeriksanya sesuai dengan nomor yang kamu daftarkan.

Untuk pemilik kartu Telkomsel, kamu bisa mengecek melalui SMS dari Telkomsel atau dengan menghubungi *888# dan aplikasi MyTelkomsel.

Untuk pelanggan Indosat, bisa mengeceknya melalui aplikasi myIM3. Kamu juga bisa mencoba dengan menghubungi nomor USSD *123*075# lalu pilih nomor satu.

Sedangkan untuk pelanggan Tri bisa mengecek bantuan kuota internet dengan menghubungi nomor USSD *123*10*3#. Kamu juga bisa mengeceknya lewat aplikasi Bima+, loh.

Kalau kamu pelanggan XL dan Axis, untuk mengecek bantuan kuota internet bisa menghubungi *123# lalu pilih info. Kamu juga bisa mengecek lewat aplikasi aplikasi myXL dan/atau AxisNet.

Diskon Listrik PLN

Bansos lainnya yang masih akan disalurkan pada bulan ini adalah diskon listrik dari PLN. Pemerintah bahkan memastikan diskon subsidi listrik ini akan diberikan hingga Desember 2021.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait