Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

4 Fakta Menarik di Balik Serial Squid Game

Okke Oscar,
20 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Fakta Menarik di Balik Serial Squid Game
Image: Permainan 'red light green light' di Squid Game. Sumber: Netflix Korea

Serial asal Korea Selatan bertema survival game 'Squid Game', tengah jadi pembicaraan banyak orang. Kepopulerannya bahkan mampu membuat serial karya Hwang Dong-hyuk ini berjejer di trending topik berbagai platform media sosial.

Nggak cuma itu, di balik keberhasilan Squid Game ternyata juga menyimpan fakta yang menarik untuk diketahui. Apa saja fakta-fakta tersebut? Berikut Urbanasia merangkumnya dari berbagai sumber khusus buat kamu.

1. Saham di Korea Selatan ikut melejit 

1630567589-Squid-Game.jpgSumber: Poster drakor 'Squid Game'. (Netflix)

Squid Game yang berhasil tembus chart teratas Netflix secara global ternyata punya kabar bagus untuk dunia saham. Dua perusahaan yang terkait dengan series itu melejit.

Mengutip Bloomberg, saham Bucket Studio Co sebagai agency yang menaungi aktor utama Squid Game, Lee Jung-jae, telah meningkat 90 persen dalam tiga sesi perdagangan. Sementara Showbox Corp, yang pernah berinvestasi di Siren Pictures, rumah produksi Squid Game, sahamnya juga melejit lebih dari 50 persen. 

Diprediksi, saham-saham rumah produksi TV series dan film Korea berpotensi outperform hingga dua atau tiga tahun ke depan. 

2. Kalahkan popularitas Money Heist

1629192839-Squid-Game.jpgSumber: Teaser Squid Game/Netflix

Dalam laporan terbaru yang dirilis oleh Netflix, Squid Game berhasil memecahkan rekor drama Korea dalam waktu tiga hari setelah pemutaran perdananya secara global.

Dikutip KDrama Stars, Squid Game memperoleh skor keseluruhan 562, mengalahkan seri misteri-horor Sweet Home yang dibintangi Song Kang, yang menerima skor 428 selama penayangannya.

Tidak hanya itu, serial thriller-survival game 'Squid Game' juga mampu mengalahkan serial Spanyol terkenal La casa de papel, atau yang dikenal sebagai Money Heist.

Saat ini, Squid Game menjadi drama Korea dengan skor tertinggi di Netflix.

3. Dituding Plagiat Film Jepang

1632909834-240810893-568045681205412-6246572446008274567-n.jpgSumber: Permainan 'dalgona cookie' di Squid Game. Sumber: Netflix Korea

Squid Game dituding memiliki beberapa adegan dan alur cerita yang mirip dengan film Jepang 2014, As The Gods Will.

Plot dari kedua film tersebut melibatkan permainan survival death menggunakan permainan masa kanak-kanak dan ada juga kesamaan dalam filmografi, seperti bidikan close-up kepala boneka raksasa dan adegan jam hitung mundur.

Dikutip Strait Times, dalam sebuah konferensi pers, kreator Squid Games, Hwang Dong-hyuk berkata, "Memang benar (game pertama) serupa, tetapi setelah itu, tidak ada kesamaan."

Dia menunjukkan bahwa 'As The Gods Will' dibuat pada tahun 2010-an, setelah ide awalnya untuk Squid Game, datang kepadanya setelah membaca banyak manga tentang genre survival.

Namun dia juga ragu-ragu untuk mengklaim kepemilikan cerita itu.

"Tetapi jika saya harus mengatakannya, saya akan mengatakan bahwa saya melakukannya terlebih dahulu," tambahnya.

4. Pemilik asli nomor telepon di Squid Game Diteror

1632909874-241420458-581168533337922-7450690356168485644-n.jpgSumber: Kartu nama ajakan main di Squid Game. Sumber: Netflix Korea

Di tengah euforia Squid Game, ternyata ada juga yang terdampak kerugian. Pemilik nomor asli yang tertera pada kartu nama dalam serial Squid Game heboh 'diteror' oleh banyaknya panggilan masuk tak dikenal.

Melansir SBS News, pemilik nomor asli adalah seorang pengusaha asal Seongju, Korea Selatan bernama Kim Gilyoung.

Ia mengaku kewalahan sebab yang ia terima bukan hanya panggilan telepon biasa namun juga umpatan, hingga permintaan tolong untuk melunasi utang. 

"Aku sudah memakai nomor ini selama 20 tahun. Ini sudah terlanjur terekspos dan tidak disengaja. Sepertinya tak ada solusi lain selain mengganti nomor," ujar Kim.

Untuk itu, rumah produksi serial Squid Game menawarkan ganti rugi pada korban senilai satu juta won atau setara Rp 12 juta.

Cuma nih, guys, kasihannya nomor itu merupakan nomor bisnisnya Kim. Duh! 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait