Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

4 Film Ini Dilarang Tayang di Sejumlah Negara, Kenapa?

Gagas Yoga Pratomo,
26 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Film Ini Dilarang Tayang di Sejumlah Negara, Kenapa?
Image: Ilustrasi pria menonton film (Pixabay/Sammy-Sander)

Jakarta - Film menjadi salah satu sumber hiburan bagi sebagian orang. Jika ada film bagus yang akan rilis, pasti ramai ditunggu oleh banyak orang.

Namun, ternyata ada beberapa film yang dilarang tayang di suatu negara, padahal film-film tersebut bisa tayang pada negara lainnya.

Berikut telah Urbanasia rangkum dari berbagai sumber tentang 4 film yang dilarang tayang oleh beberapa negara di dunia.

1. 2012

1635757140-2012-(IMDb).jpgSumber: 2012 (IMDb)

Masih ingat tentang film ini? Sebelum perilisannya, film ini menimbulkan banyak kontroversi di dunia. Film ini menyebarkan isu bahwa kiamat akan terjadi pada tahun 2012 seperti yang sudah diramalkan oleh masyarakat suku maya.

Film ini rilis hampir di seluruh negara, namun ada satu negara yang melarang film ini tayang di negaranya yaitu Korea Utara.

Hal itu disebabkan pemimpin Korea Utara meramalkan bahwa tahun 2012 akan menjadi tahun yang baik di sana. Menurutnya, film 2012 menentang ramalannya dan harus disingkirkan.

Bagi warganya yang ketahuan membeli film bajakan 2012 dan menontonnya maka akan mendapatkan hukuman penjara.

2. The Exorcist (1973)

1635757150-The-Exorcist-(1973)-(IMDb).jpgSumber: The Exorcist (1973) (IMDb)

Film horor yang cukup lawas ini mendapatkan title sebagai film horor terseram sepanjang masa. Title tersebut memang layak diberikan pada film ini sebab film ini memiliki tingkat keseraman yang sangat tinggi.

Film ini banyak dicekal di beberapa negara, sebab menampilkan adegan yang sangat mengerikan dan cukup sadis. Selain itu, film ini dilarang di beberapa negara sebab mengandung unsur agama yang dapat menyinggung perasaan suatu pemeluk agama.

3. The Simpsons

1635757222-The-Simpsons-(Antara).jpegSumber: The Simpsons (Antara)

Film animasi yang cukup laris di dunia ini ternyata dicekal oleh salah satu negara. Bukan karena ada unsur vulgar dan sedikit kekerasan di dalamnya. Namun karena penggunaan warna kuning dan merah yang dominan.

Negara yang melarang film ini adalah Myanmar. Pelarangan film ini didasarkan kepercayaan orang Burma yang bersifat klenik. Sehingga membuat mereka menganggap apa yang ditampilkan pada film ini sulit diterima oleh masyarakat setempat.

4. Franchise Harry Potter

1635757248-Harry-Potter-Franchise-(IMDb).jpgSumber: Harry Potter Franchise (IMDb)

Film yang menceritakan kisah Harry Potter dan murid di sekolah sihir bernama Hogwarts sempat dicekal oleh negara Arab Saudi karena menampilkan unsur sihir dan ilmu supranatural.

Namun pada tahun 2018, larangan tersebut dicabut dan para masyarakat diperbolehkan untuk menonton film tersebut.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait