Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

4 Langkah Cegah GERD Kambuh Lagi, Apa Saja?

Shelly Lisdya,
16 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Langkah Cegah GERD Kambuh Lagi, Apa Saja?
Image: Ilustrasi asam lambung. (Freepik/eddows-animator)

Jakarta - Penderita gastroesophageal reflux disease atau GERD sering merasa tidak nyaman, apalagi jika tiba-tiba kambuh. 

Sebenarnya, cara mencegah asam lambung naik bisa dibilang cukup sederhana, yakni dengan perbaikan pola makan dan pola kebiasaan hidup. Namun, cara-cara ini perlu dilakukan dengan rutin dan disiplin ya guys.

Berikut ini adalah beberapa cara mencegah asam lambung naik yang dirangkum Urbanasia dari laman Healthline, Jumat (7/1/2022).

1. Kenali ciri penderita GERD

Setiap orang dapat mengalami asam lambung. Misalnya, kamu mungkin mengalami gejala ini setelah makan terlalu cepat. Kamu mungkin memperhatikannya setelah mengonsumsi banyak makanan pedas atau makanan berlemak tinggi.

Penderita GERD yang paling banyak ditemukan adalah mereka yang kelebihan berat badan atau obesitas, sedang hamil, memiliki diabetes asap, gangguan makan, seperti anoreksia dan bulimia nervosa juga dapat berkontribusi pada beberapa kasus GERD. 

"Orang-orang yang terkadang mual dan muntah, dapat memiliki peningkatan risiko sakit maag," kata Jacqueline L. Wolf, MD, seorang profesor kedokteran di Harvard Medical School. 

2. Ubah pola hidup

1613128972-makan-sehat---freepik.jpgSumber: Ilustrasi makan sehat. (Freepik)

GERD yang ringan hingga berat biasanya dapat dicegah dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup. 

Misalnya hindari berbaring selama tiga jam setelah makan. Makan makanan kecil lebih sering sepanjang hari. Kenakan pakaian yang longgar untuk menghindari tekanan pada perut. Menurunkan berat badan berlebih. Berhenti merokok. Kemudian alas tidur agak tinggi.

Kamu juga harus memperhatikan pola makanmu. Pasalnya, GERD akan kambuh jika kamu mengonsumsi makanan berlemak atau gorengan, alkohol, kopi, minuman berkarbonasi, seperti soda, coklat, bawang putih, bawang, buah jeruk, peppermint, spearmint, saus tomat, jadi hindari beberapa makanan tersebut ya Urbanreaders.

3. Proton Pump Inhibitor

1609040616-sakit-perut.jpgSumber: Ilustrasi sakit perut (Freepik)

Kamu mungkin asing mendengarnya. Penghambat pompa proton atau proton pump inhibitor (PPI) adalah jenis obat maag untuk meredakan asam lambung. Obat ini membantu mengatasi keluhan akibat infeksi bakteri H. pylori, tukak lambung, serta gangguan pencernaan lainnya terkait asam lambung.

Seperti jenis obat maag lainnya, ketika kamu memilih pengobatan ini, ada aturan minum yang perlu dipatuhi agar obat PPI dapat bekerja secara optimal dengan efek samping yang lebih kecil.

4. Pengobatan

Banyak orang dapat mengatasi gejala mereka melalui perubahan gaya hidup. Orang lain mungkin memerlukan obat untuk mencegah atau mengobati asam lambung. 

Dokter kamu mungkin merekomendasikan obat bebas atau resep yang mudah dijangkau, seperti antasida, untuk meredakan gejala asam lambung dalam jangka pendek. Antagonis H2, untuk mengurangi produksi asam lambung, seperti ranitidin. Serta penghambat pompa proton, seperti omeprazole dan lansoprazole, yang lebih efektif dibandingkan antagonis H2.

Urbanreaders, itulah cara mencegah kambuhnya asam lambung atau GERD yang bisa kalian coba. Upayakan untuk selalu menjaga pola hidup sehat. 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait