menu
user
URstyle

4 Manfaat Pisang untuk Kecantikan Kulit Wajah

Yunidar Kusumaningsih,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Manfaat Pisang untuk Kecantikan Kulit Wajah
Image: Ilustrasi pisang. (Freepik/ Dom J)

Jakarta - Pisang adalah buah yang sangat umum dan mudah di temukan di Indonesia, hampir setiap kalangan menyukai buah yang satu ini. Selain lezat, pisang juga ternyata mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, termasuk untuk kecantikan kulit wajah.

Selain cocok di konsumsi waktu menjalankan diet, kandungan vitamin yang ada dalam buah pisang di percaya bisa membantu merawat kulit wajah agar terlihat lebih cerah dan terbebas dari segala macam masalah kulit wajah.

Melansir situs Boldsky Berikut adalah manfaat yang bisa kamu dapatkan dari buah pisang untuk kecantikan kulit wajah.

1. Mengontrol Minyak

1615255568-wajah-berminyak-freepik-by-katemangostar.jpgSumber: Ilustrasi wajah berminyak. (Freepik/ katemangostar)

Pisang adalah exfoliator yang baik untuk kulit wajah, karena pisang dapat membantu melarutkan sebum berlebih yang ada pada permukaan kulit. Selain itu, kandungan potasium, vitamin E dan vitamin C, yang ada pada pisang dipercaya dapat mencerahkan kulit.

Gunakan masker pisang yang di campurkan dengan lemon dan madu sebagai perawatan kulit wajah. Caranya yaitu, masukan pisang yang sudah matang secukupnya ke dalam mangkuk dan haluskan, campurkan dengan satu sendok teh madu alami dan setengah sendok teh perasan air lemon.

Aplikasikan pada wajah seperti kamu memakai masker biasanya, tunggu hingga 10 menit. Lalu bilas menggunakan air bersih.

2. Mengatasi Masalah Jerawat

1615255537-jerawat-freepik.jpgSumber: Ilustrasi wajah berjerawat. (Freepik/ user18526052)

Pisang dan kulitnya dipercaya dapat mengatasi masalah jerawat secara alami. Kamu bisa mengaplikan langsung kulit pisang ke area wajah yang berjerawat untuk mengurangi peradangan dan menghancurkan bakteri yang ada didalam kulit atau kamu juga bisa menggunakan buah pisang sebagai masker untuk mengatasi masalah jerawat tersebut.

Caranya, haluskan buah pisang, lalu campurkan kunyit dan madu. Campuran bahan ini di percaya dapat mengurangi jerawat dan melembabkan kulit. Setelah selesai menggunakannya, bilas wajah menggunakan air dingin dan keringkan menggunakan handuk khusus wajah. Untuk hasil yang maksimal kamu bisa menggunakan masker pisang ini secara konsisten.

3. Sebagai Pelembab Alami

1615255530-pelembap-alami-freepik-by-senivpetro.jpgSumber: Ilustrasi kulit lembab. (Freepik/ senivpetro)

Pisang mengandung kalium dan moisturaizer alami. Kedua kandungan tersebut dapat melembabkan kulit wajah yang kering sehingga kulit akan menjadi lebih lembut dan kenyal.

Cara mengaplikasikannya mudah, haluskan buah pisang secukupnya, setelah halus aplikasikan buah pisang tersebut pada wajah. Oleskan dengan hati-hati, hindari penggunaan pada area mata dan mulut. Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit, lalu bilas menggunakan air bersih.

4. Mencegah Penuaan

1615255523-kerutan.jpgSumber: Ilustrasi kerutan pada wajah. (Freepik/ valuavitaly)

Pisang juga dikenal sebagai botox alami yang mengandung banyak nutrisi baik untuk menangkal keriput, bintik-bintik penuaan dan mencegah kerutan.

Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa mengaplikasikan buah pisang dengan di campurkan yogurt dan perasan air jeruk sebagai masker wajah.

Caranya, haluskan buah pisang secukupnya, lalu campurkan dengan satu sendok teh perasan air jeruk dan satu sendok teh yogurt. Aduk sampai merata. Setelah tercampur, aplikasikan pada wajah sebagai masker selama 10 menit. Lalu bilas menggunakan air bersih.

Untuk hasil maksimal, lakukan perawatn tersebut secara teratur, dengan begitu tanda penuaan pada kulit akan mengelupas, kulit akan terasa lembut, dan kulit wajah terlindungi secara alami.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait