beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URoto

4 Penyebab Mobil Boros Bensin yang Wajib Kamu Tahu!

Anisa Kurniasih,
lebih dari 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Penyebab Mobil Boros Bensin yang Wajib Kamu Tahu!
Image: istimewa

Jakarta - Mobil yang boros bensin menjadi keluhan sebagian orang. Namun, hal itu seringkali terjadi karena pemilik mobil lupa merawat sejumlah komponen yang bisa menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi boros.

Akibatnya guys, jika dibiarkan atau didiamkan terlalu lama, pastinya akan membuat kamu mengalami kerugian dengan budget bahan bakar yang membengkak.

Nah, penyebab mobil boros bensin juga patut untuk diketahui nih, khususnya bagi kamu yang memang menggunakan kendaraan pribadi untuk mobilitas sehari-hari.

Dilansir dari website resmi Daihatsu Indonesia, Urbanasia telah merangkum empat penyebabnya nih, di antaranya:

1. Filter Udara Mampet

1601732658-Ilustrasi-beli-mobil-3.jpgSumber: Ilustrasi beli mobil online. (Freepik)

Filter udara berfungsi sebagai penyaring udara yang akan masuk ke dalam ruang bakar. Cara kerjanya adalah memblokade aliran udara di dalam saluran masuk dengan bahan, seperti kertas atau kain dengan pori-pori yang besar.

Oleh karena itu, hanya udara yang bisa menembus lapisan filter udara. Nah, jika ada debu yang ikut terbawa aliran udara, debu tersebut akan tertinggal di permukaan filter.

Lama kelamaan, debu-debu tersebut akan menumpuk dan mengganggu kelancaran aliran udara. Akibatnya, pasokan udara ke mesin akan berkurang dan menyebabkan langkah piston menjadi berat.

Mobil pun akan mengempis dan tidak bertenaga yang menyebabkan kamu akan menekan pedal gas lebih dalam. Hal tersebutlah yang membuat pasokan bensin untuk mobilmu menjadi bertambah.

2. Ukuran Velg yang Besar

1600681577-mobil-2.jpgSumber: Ilustrasi (Freepik)

Sebagian besar pengguna mobil, memodifikasi velgnya menjadi  velg variasi yang biasanya memiliki lebar dan rim yang lebih besar. Padahal guys, secara tidak langsung hal itu berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar mobil loh.

Velg yang lebih besar umumnya memiliki bobot yang lebih besar. Velg dapat dianalogikan seperti kaki. Jika kaki kamu dibebani dengan sesuatu yang berat, apakah masih bisa berlari kencang? Jawabannya tentu bisa, namun memerlukan tenaga yang lebih ekstra.

Saat mobil divariasikan dengan velg yang lebih besar itu berarti mobil membutuhkan lebih banyak bahan bakar. Secara tidak langsung, bahan bakar mobilmu akan cepat habis.

3. Menyalakan AC dengan Suhu Paling Dingin

1601971777-Ac-mobil.jpgSumber: Ilustrasi AC mobil (Freepik)

Menyalakan AC saat berkendara sudah menjadi sebuah kebutuhan. Namun, menyalakan AC dengan suhu paling dingin di waktu yang lama juga dapat menyebabkan bensin menjadi boros, loh.

Saat kamu menyalakan AC, mesin akan memutar kompresor AC yang berfungsi memompa refrigerant. Daya yang diperlukan kompresor AC tidak sedikit, apalagi jika dipasang suhu yang paling dingin.

Hal itu menyebabkan kekuatan mesin akan terbagi ke kompresor AC. Nah itu berarti kamu perlu menekan pedal gas lebih dalam untuk bisa menjalankan mobil, kan, Sahabat?

4. Ban Kempes

1595244576-ban-mobil.jpgSumber: Ilustrasi ban mobil (freepik)

Jika ban mobilmu kempes, otomatis tapak ban akan melebar karena bagian dinding akan menyentuh permukaan jalan.

Akibatnya, akan tercipta lebih banyak gesekan pada ban dan kamu memerlukan tenaga tambahan agar mobil bisa bergerak normal. Itu berarti kamu perlu menginjak pedal gas lebih dalam, kan?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait