menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

4 Poin Penting Pernyataan Panglima TNI soal KRI Nanggala 402

Kintan Lestari,
14 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Poin Penting Pernyataan Panglima TNI soal KRI Nanggala 402
Image: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di konferensi pers terkait KRI Nanggala-402, Sabtu (24/4/2021). (Dok. Puspen TNI)

Jakarta - Pada hari Minggu (25/4/2021) sore, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, mengumumkan berita terbaru soal KRI Nanggala 402.

Dalam konferensi pers, ia mengumumkan kalau kapal selam KRI Nanggala 402 tenggelam dan 53 awak kapalnya meninggal.

Berikut poin-poin pernyataan dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di konferensi pers di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Minggu (25/4/2021).

1. KRI Nanggala 402 Tenggelam, 53 Kru Gugur

Hadi menyatakan kapal selam KRI Nanggala 402 tenggelam di perairan Bali. Dan seluruh awak kapalnya yang berjumlah 53 orang meninggal.

"53 personel onboard telah gugur, prajurit-prajurit terbaik Hiu Kencana telah gugur saat melaksanakan tugas di perairan utara Bali," ujar Hadi.

Baca Juga: Yusuf Mansur Siap Beri Beasiswa Anak Awak KRI Nanggala-402 Sampai S1

2. TNI AL Rilis Bukti Otentik Seluruh Kru Gugur

Marsekal Hadi pun membeberkan bukti-bukti otentik terkait tragedi tersebut, yakni hasil tangkapan citra bawah air oleh KRI Rigel dan MV Swift Rescue.

Dari tangkapan citra diketahui KRI Nanggala 402 berada di kedalaman 838 meter. Hasil pemindaian  menunjukkan kalau keadaan kapal terbelah jadi tiga bagian besar dan beberapa serpihan kecil.

"Telah diperoleh citra yang telah dikonfirmasi sebagai bagian dari KRI Nanggala 402 meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal MK11," ucapnya.

Dengan kondisi tersebut, Hadi pun menyebutkan bahwa sebanyak 53 awak kapal selam KRI Nanggala 402 gugur dalam insiden tersebut.

"Berdasarkan bukti-bukti autentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala 402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur," pungkasnya.

1619350672-konferensi-pers-penemuan-kapal-nanggala.JPGSumber: Penampakan penemuan kapal selama KRI Nanggala-402 dalam konferensi pers yang digelar Minggu (25/4/2021). (YouTube Puspen TNI)

3. 53 Kru yang Gugur Naik Pangkat

Hadi menyebutkan kalau seluruh 53 kru kapal akan diberi kenaikan pangkat. Pihaknya akan memproses hal tersebut ke Presiden Joko Widodo.

"Kita akan memberikan suatu penghargaan kepada para prajurit Hiu Kencana Nanggala-402 dan itu akan kami ajukan secara berjenjang kepada Bapak Presiden yaitu berupa kenaikan pangkat,”

4. Pihak TNI Ikut Berduka

Di konferensi pers, Marsekal Hadi turut menyampaikan rasa dukanya pada keluarga 53 kru KRI Nanggala 402.

"Saya sampaikan rasa duka cita sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga prajurit yang gugur. Semoga Tuhan memberi keikhlasan dan ketabahan," tutup Hadi.  

 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait