menu
user
URnews

4 Terduga Teroris Ditahan, Densus 88 Temukan 5 Bom Aktif di Condet dan Bekasi

Eronika Dwi,
19 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Terduga Teroris Ditahan, Densus 88 Temukan 5 Bom Aktif di Condet dan Bekasi
Image: Showroom mobil bekas yang menjadi lokasi penangkapan dua terduga teroris di Condet, Jakarta Timur, Senin (29/3/2021). (ANTARA/Yogi Rachman)

Jakarta - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri melakukan penggerebekan di Wilayah Condet, Jakarta Timur dan Bekasi, Jawa Barat pada Senin (29/3/2021) pagi tadi.

Dikatakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit, tim menemukan lima bom aktif jenis bom sumbu siap pakai saat penggerebekan di dua tempat tersebut.

"Kita temukan barang bukti lima bom aktif jenis bom sumbu yang siap digunakan," kata Kapolri dalam jumpa pers secara virtual, Senin (29/3/2021).

Selain itu, tim juga menemukan lima toples besar yang di dalamnya terdapat aseton H2o2, HCL, dan termometer dengan berat sekitar 4 kg. Bahan tersebut yang kemudian akan diolah menjadi peledak.

Sementara untuk bahan peledak yang sudah diracik menjadi bom seberat 1,5 kg. Namun, Kapolri tidak merinci di lokasi mana barang bukti tersebut ditemukan.

Dari penggerebekan tersebut, tim menangkap empat tersangka dari Condet dan Bekasi karena diduga terlibat dalam tindak pidana terorisme. Mereka adalah JA, AH, AD, dan PS.

Peran mereka sendiri ada yang membeli bahan kimia, mengajarkan membuat bom, pembuat bom, hingga orang yang akan meledakkan bom.

"Perannya ada yang membeli bahan, mengajarkan, membuat bahan peledak, dan siap menggunakan bahan itu," jelas Listyo.

Penggerebekan sendiri menyusul aksi bom bunuh diri yang terjadi di Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan pada Minggu (28/3/2021) kemarin pagi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait