Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

4 Tips Bikin Film Pendek Ala Joko Anwar Pakai Smartphone

Afid Ahman,
7 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Tips Bikin Film Pendek Ala Joko Anwar Pakai Smartphone
Image: Tips bikin film pendek ala Joko Anwar pakai smartphone (dok.Vivo)

Jakarta - Tak lama lagi kita akan menyambut datangnya Hari Kemenangan setelah sebulan puasa di bulan Ramadan. Nah tidak ada salahnya di momen spesial tersebut kamu abadikan dan menjadi sebuah film pendek.

Tidak perlu kamera mahal, kamu bisa menggunakan smartphone. Untuk membantu, nah sutradara kenamaan Joko Anwar memberikan tips membuat film pendek menggunakan smartphone.

Pria yang membuat film Pengabdi Setan ini mengatakan smartphone kini memiliki kamera canggih, salah satunya Vivo X60 Pro 5G. Teknologo yang dimiliki smartphone dewasa ini bisa menangkap gambar-gambar terbaik dalam keadaan terang maupun gelap, atau dalam kondisi jalanan yang mulus ataupun bergelombang.

Nah berikut tips yang diberikan Joko Anwar!

1. Siapkan Ide Cerita dan Storyboard 

1603100617-Ilustrasi-bikin-film.pngSumber: Ilustrasi bikin film pendek. (Freepik)

Pertama, penentuan ide berperanan kuat dalam persiapan membuat film, maka dari itu tentukan ide cerita/skenario menarik dan unik yang hendak diproduksi. Kemudian, carilah referensi gambar, video, maupun moodboard untuk menuangkannya ke dalam storyboard. 

Film merupakan salah bentuk storytelling melalui tampilan visual (visual storytelling), mengabadikan momen indah dan kehangatan di bulan puasa, atau kebersamaan dengan keluarga saat hari Lebaran bisa menjadi alternatif ide yang menarik. 

 2.  Kenali Lokasi dan Rintangan yang Akan Dihadapi untuk Menentukan Instrumen Kamera

Pemahaman akan kondisi lokasi syuting menentukan instrumen kamera yang tepat. Jika lokasi syuting di outdoor dan mengharuskan adegan video sambil berlari, meloncat, atau berkendaraan, maka diperlukan kamera yang dapat merekam adegan dengan stabil. 

3.  Memanfaatkan Berbagai Fitur untuk Menghasilkan Gambar Sinematik

1619945953-film-pendek-pakai-smartphone.jpgSumber: Bikin film pendek pakai smartphone (Vivo)

Sejumlah smartphone memiliki fitur yang membantu pengguna membuat gambar sinematik. Di Vivo X60 Pro, terdapat fitur Cinematic Master yang akan membantu  mengoperasikan pengambilan gambar layar lebar dan pengambilan audio spasial dengan 3 microphones untuk memberikan pengalaman sinematik. 

4. Uji Kualitas Gambar Khususnya dalam Keadaan Minim Cahaya atau Gelap

Untuk melengkapi rangkaian cerita di vlog/film, kamu bisa juga menambahkan cuplikan foto-foto yang mendukung cerita. Selama Ramadan, banyak momen indah yang terjadi di malam hari, seperti kegiatan buka bersama, shalat tarawih atau malam takbiran. 

Karenanya perlu dilakukan uji kualitas gambar  dalam kondisi malam.  Namun dengan kemampuan kamera ponsel belakangan ini sudah sanggup diajak mengabadikan momen di kondisi minim cahaya sekalipun. 

Vivo X60 Pro contohnya yang membawa teknologi Extreme Night Vision 2.0. Dengan bukaan kamera lebar aperture f/1.48 dan ISO yang ditingkatkan, maka gambar yang dihasilkan akan semakin terang karena jumlah cahaya yang masuk semakin banyak. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait