beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

4 Tips Cegah Heat Stroke saat Olahraga 

Griska Laras,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Tips Cegah Heat Stroke saat Olahraga 
Image: Harus tetap terhidrasi selama olahraga (Freepik/bristekjegor)

Jakarta — Berolahraga merupakan salah satu cara untuk tetap bugar. Tapi jika dilakukan secara berlebihan, olahraga juga bisa berbahaya bagi tubuh lho.  

Heart stroke atau serangan panas adalah suatu kondisi ketika tubuh gagal mendinginkan suhu di dalam. Ketika olahraga, produksi panas tubuh meningkat karena adanya proses metabolisme energi. Salah satu mekanisme tubuh untuk membuatnya tetap sejuk adalah dengan mengeluarkan keringat.

Tapi pada kondisi tertentu, tubuh kesulitan memproduksi keringat yang membuat suhu panas terperangkap dan akhirnya menyebabkan heat stroke. 

Gejala heat stroke bisa berupa keringat berlebihan, kelelahan, kram otot, mual, haus, hingga pingsan. Jika dibiarkan, gejala bisa makin memburuk dan menyebabkan kematian. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah heat stroke saat olahraga: 

1. Minum yang cukup 

1639463363-airputih.pngSumber: Ilustrasi meminum air putih (Freepik/pressfoto)

Saat olahraga, tubuh kehilangan banyak cairan. Cairan tersebut dikeluarkan melalui keringat agar tubuh tetap sejuk. Tapi jika kekurangan cairan atau dehidrasi, tubuh akan kesulitan memproduksi keringat yang menyebabkan suhu panas terjebak di dalam.  

Nah untuk mencegah kondisi tersebut, dianjurkan minum air putih yang cukup di sela aktivitas fisik. Kamu juga bisa mengonsumsi minuman isotonik untuk mengganti ion tubuh yang hilang. 

2. Gunakan pakaian yang tepat

1654776795-Kelas-olahraga.jpgSumber: Olah tubuh dan tenangkan pikiran dengan mengikuti berbagai sesi olahraga (Foto: Pinterest/hej-hej-mats)

Pakaian sangat mempengaruhi kondisi tubuh saat berolahraga. Gunakan pakaian yang berbahan ringan, longgar, atau yang mudah menyerap keringat. Pakaian ini membantu sirkulasi udara tetap lancar. Sebaliknya hindari mengenakan jaket, pakaian berbahan tebal, atau pakaian berwarna gelap yang mudah menyerap panas. 

3. Memakai produk berbahan dasar menthol 

1654265536-IMG-8581.jpgSumber: ilustrasi produk skincare (Foto: Freepik)

Olahraga di luar ruangan seringkali membuat kulit terbakar. Akibat yang sering timbul adalah rasa perih, ruam kemerahan, dan gatal pada area yang terpapar sinar matahari. 

Nah untuk mengatasi hal ini, kamu bisa memakai produk berbahan dasar mentol atau aloe vera yang bisa memberikan sensasi sejuk di kulit. Produk tersebut juga  membantu proses penguapan panas dari dalam tubuh.

4. Lakukan olahraga ringan

1646134940-Perhatikan-Kondisi-Tubuh-(Freepik-drobotdean).jpegSumber: Perhatikan kondisi tubuh saat olahraga (Freepik/drobotdean)

Tips terakhir, lakukan olahraga-olahraga ringan secara rutin. Regional Commercial Director PT Taisho Sonny, Adi Nugroho, mengatakan latihan fisik ringan yang dilakukan setiap hari secara konsisten lebih efektif dari olahraga berat yang hanya dilakukan sesekali. 

Misalnya, kamu bisa melakukan jalan cepat atau jogging selama satu jam per hari daripada lari marathon. 

“Kebugaran fisik bagi tubuh manusia sama dengan penyetelan halus pada mesin, harus dilakukan sesuai potensi individu. Olahraga melibatkan kinerja jantung, paru-paru, serta otot-otot tubuh. Apa yang kita lakukan dengan tubuh kita juga mempengaruhi pikiran hingga kualitas tingkat kewaspadaan mental dan stabilitas emosi,”  ujar Sonny Adi Nugroho.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait