beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

4 Tips Cegah Hepatitis Akut pada Anak ala IDAI

Nivita Saldyni,
7 Mei 2022 14.28.26 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Tips Cegah Hepatitis Akut pada Anak ala IDAI
Image: Ilustrasi - Hepatitis akut pada anak (Foto: LiveScience)

Jakarta - Pandemi COVID-19 belum berakhir, masyarakat sudah dibuat heboh dengan munculnya kasus hepatitis akut bergejala berat yang belum diketahui penyebabnya dan menyerang anak-anak di sejumlah negara.

Di Indonesia sendiri, Kementerian Kesehatan telah melaporkan adanya kasus meninggal dunia pada tiga orang anak yang diduga mengalami hepatitis akut bergejala berat.

Mengingat hal tersebut, Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastro-Hepatologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dr dr Muzal Kadim, SpA(K) mengimbau agar masyarakat waspada dan melakukan upaya-upaya pencegahan.

Ada empat tips dari Dr dr Muzal Kadim, SpA(K) untuk mencegah hepatitis akut pada anak seperti dirangkum Urbanasia, Sabtu (7/5/2022):

1. Selalu Jaga Kebersihan

Muzal mengatakan, hepatitis akut sebagian besar ditularkan lewat fecal-oral, yaitu masuknya virus ke mulut lewat benda yang sudah terkontaminasi dengan virus hepatitis. Misalnya lewat makanan atau air, bahkan alat makan.

“Jadi sampai saat ini yang paling baik dilakukan adalah pencegahan untuk penularan lewat oral, seperti cuci tangan, (menjaga) kebersihan dari makanan, dan sanitasi,”ungkap Muzal dalam wawancara virtual bertajuk ‘Hepatitis Akut yang Belum Diketahui Etiologinya’, Sabtu (7/5/2022).

“Kemudian, mencegah pada kasus-kasus yang sudah ada gejala, misalnya muntah, diare, sakit perut. Kita menghindari supaya tidak kontak lewat tangan dan yang masuk ke dalam mulut,” jelasnya lebih lanjut.

2. Saat Melakukan Perjalanan, Orang Tua Sebaiknya Siapkan Sendiri Makanan untuk Anak

Nah, bagi Urbanreaders yang sedang mudik atau melakukan perjalanan bersama anak, Muzal mengingatkan agar kita menyiapkan sendiri makanan untuk anak. Sehingga kita tak perlu membeli makanan atau jajanan di perjalanan.

“Karena ini memang dugaan utama penularannya lewat saluran cerna, tentunya pencegahannya yang terbaik adalah mencegah penularan fecal-oral. Jadi mungkin kita sebaiknya menyiapkan makanan sebelum berangkat (mudik), terutama untuk anak, dan hindari makan atau jajan di luar, terutama di tempat-tempat yang kita ragukan kebersihannya,” pesan Muzal.

Jangan lupa juga selalu menjaga kebersihan saat menyiapkan makanan untuk anak. Pilih menu yang tepat agar asupan gizi anak terpenuhi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait