Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

4 Tips Kelola Emosi di Tempat Kerja

Griska Laras,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Tips Kelola Emosi di Tempat Kerja
Image: Ilustrasi emosi (Freepik)

Jakarta - Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi para pegawai di berbagai tempat adalah mengendalikan emosi saat bekerja.

Seseorang harus bisa mengendalikan emosinya supaya bisa bekerja secara profesional. Jika tidak, emosi tersebut akan menguasainya dan mengganggu produktivitas seseorang di kantor.

Berikut beberapa tips mengelola emosi saat bekerja dari Psikolog Bertha Sekunda dalam webinar Kencomm 'Peran Penting Kecerdasan Emosional dalam Pekerjaan', Sabtu (28/8/2021).

1. Mengenali Emosi

1598932106-jaga-jarak-emosi.jpgSumber: Freepik

Untuk bisa mengelola emosi saat berada di kantor, Bertha menyarankan agar seseorang mengenali diri sendiri dan emosi yang dirasakan.  

"Kita perlu mengenal diri sendiri dulu, sadar diri, kenali pola kita kalau lagi emosi itu seperti apa," ungkap Bertha.

"Kalo lagi sedih atau kecewa sama temen, coba tanya ke diri sendiri 'Kok aku jadi marah banget sama dia'. Setelah itu kita identifikasi emosi apa yang muncul, rasa irikah atau kecewa," jelasnya lagi.

Dengan begini, kamu bisa lebih mudah mengatasi berbagai hal yang memicu rasa kecewa, amarah, hingga frustasi saat bekerja.

3. Menentukan sikap atau reaksi

1619056080-telepon-marah---freepik-freepic.diller.jpgSumber: Ilustrasi telepon marah. (Freepik/freepic.diller)

Setelah menyadari emosi yang dirasakan, jangan langsung gegabah memercayainya. Usahakan tetap tenang sambil menentukan sikap dan cara bereaksi dalam menghadapi orang atau sumber pemicu emosi negatifmu.

"Kenali emosi kalian setelah itu pikirkan, atau bisa ditulis, pilihan reaksi apa saja. Kalo misalnya kalau marah aku mau milih untuk bersikap begini."

3. Pikirkan konsekuensi

1629107126-S--46456854.jpgSumber: (Unsplash)

Selain menentukan sikap, kamu juga perlu memikirkan dampak dari pilihan tersebut.

"Kalo nggak ada sesuatu hal yang diomongin diam, atau ke kamar mandi dulu, tenangkan diri dulu. Pikirkan impact-nya, apa yang akan terjadi nanti, misalnya kalau saya nyinyir di Instagram, jejak digital sulit dihapus dan itu bisa jadi boomerang suatu saat nanti."

4. Mencari solusi

1629806712-Ilustrasi-Diskusi-Pasangan.jpgSumber: (Pexels/EKATERINA)

Kamu juga perlu memikirkan solusi dari perasaan negatif atau permasalah yang kamu alami agar tidak berlarut-larut. Emosi negatif yang dipendam terlalu lama dan tidak diselesaikan akan berdampak buruk bagi seseorang, bahkan bisa mengganggu kesehatan mental yang akhirnya membuat produktivitas menurun.

"Kalau lagi kesal dengan teman, tenangkan diri dulu, setelah itu selesaikan, misalnya ajak ngobrol bareng kemudian bicarakan masalah dengan baik."

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait