Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

4 Tips Menabung untuk Pelajar

Gagas Yoga Pratomo,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Tips Menabung untuk Pelajar
Image: Ilustrasi menabung (Unsplash/Danir Spanic)

Jakarta - Menabung merupakan kegiatan mengatur keuangan dengan cara menyisihkan sebagian uang dengan tujuan untuk digunakan kemudian hari. 

Karena memiliki manfaat yang sangat baik, istilah menabung sudah diperkenalkan oleh guru ketika masih duduk di bangku sekolah dasar. 

Menabung tidak selalu harus dilakukan oleh orang yang telah memiliki penghasilan sendiri. Bagi para pelajar yang masih mendapatkan uang jajan dari orang tua nyatanya juga bisa menabung. 

Salah satu kegunaan menabung bagi pelajar adalah bisa membeli sesuatu yang diinginkan tanpa harus meminta uang tambahan pada orang tua. 

Jika kamu masih kesusahan untuk menabung, berikut Urbanasia telah merangkum dari berbagai sumber mengenai 4 tips menabung untuk pelajar, yuk simak!

1. Tentukan tujuan menabung

Tidak dimungkiri lagi, jika dilakukan tanpa disertai tujuan seringkali bikin konsistensi menabung jadi menurun. Maka dari itu, agar semangat menabung tetap terjaga, maka tentukan dulu tujuannya. 

Misalnya kamu yang masih duduk di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) ingin membeli laptop baru sebagai persiapan untuk kuliah nanti. Maka, jadikanlah hal tersebut sebagai tujuan kamu menabung.

2. Sisihkan uang jajan

Banyak pelajar yang menabung menggunakan sisa uang jajannya, namun cara tersebut ternyata kurang efektif. 

Misalnya kamu diberi uang jajan harian sebanyak Rp 20 ribu. Setelah dipakai jajan, nongkrong, dan biaya ongkos dengan total Rp 17 ribu, maka kamu akan menabung dengan nominal Rp 3 ribu, karena kamu hanya mengandalkan sisa pengeluaran.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait