Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

5 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Mendunia

Elga Nurmutia,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Mendunia
Image: Ilustrasi Gamelan (Pixabay/ JamesDeMers)

Jakarta - Alat musik tradisional merupakan salah satu kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia. Karena, Indonesia ini merupakan salah satu negara yang memiliki kekayaan alam melimpah dan juga budayanya yang begitu beragam. Sejumlah suku di Indonesia ini pasti memiliki ciri khasnya masing-masing, mulai dari bahasa, makanan, pakaian serta alat musik tradisionalnya. 

Jika berbicara mengenai salah satu kebudayaan yang dimiliki Indonesia, alat musik tradisional ini merupakan salah satu ciri khas budaya Indonesia. Fungsi dari alat musik tradisional ini sebagai sarana hiburan, dan setiap alat musik tersebut memiliki sejarahnya sendiri. Dalam hal tersebut, alat musik tradisional ini digunakan sesuai dengan kebutuhannya. 

So, penasaran bukan tentang alat musik tradisional Indonesia ada apa saja? Langsung simak yuk, sejumlah alat tradisional yang sudah Urbanasia rangkum dari berbagai sumber, (13/9/2021), sebagai berikut.

1. Angklung 

1631516722-angklung.jpgSumber: Ilustrasi Angklung (Pixabay/Triyugowicaksono)

Jika berbicara mengenai alat musik tradisional, mungkin pikiranmu akan mengarah pada alat musik angklung. Alat musik yang populer satu ini terbuat dari bilah-bilah bambu yang ditumpuk. 

Cara memainkannya cukup mudah, kamu hanya perlu mengocoknya. Kemudian, akibat getaran tersebut akan menimbulkan suara. Namun, dalam memainkan alat musik ini kamu tidak bisa sendiri dikarenakan perlu menciptakan nada yang harmonis.

Maka, kamu akan menemukan sejumlah orkes angklung dalam memainkan alat musik tradisional yang satu ini. Meskipun angklung ini begitu identik dengan Jawa Barat, akan tetapi daerah lain pun memiliki angklung nya sendiri, seperti angklung bali, banyuwangi, gubrag, dan lainnya. 

Selain itu, alat musik tradisional ini pun populer sampai ke luar negeri loh. Sejumlah orang asing pun memiliki ketertarikan untuk memainkan angklung.

2. Gamelan 

1627385813-Gamelan-IndonesiaKaya.jpgSumber: Ilustrasi Gamelan (Dok. IndonesiaKaya)

Gamelan merupakan salah satu alat musik tradisional Jawa Tengah. Dalam memainkannya ini perlu dipukul menggunakan tongkat. 

Gamelan ini terdiri dari sejumlah alat musik, yakni Kendang, Bonang Barung, Penerus Bonang, Demung, Saron, Rebab, Slentem, Kenong, Do Gong. 

Selain itu, gamelan ini merupakan kata yang berasal dari bahasa Jawa. Gamel artinya memukul atau menabuh. Lalu, akhiran an ini merupakan sebuah kata benda. Orkes gamelan ini bisa kamu temukan di Jawa, Madura, Bali, bahkan Lombok. 

Alat musik tradisional yang satu ini ada dengan beragam ukuran dan bentuk set alat musik.

3. Sasando 

1627385826-Sasando-IndonesiaKaya.jpgSumber: Ilustrasi Sasando (Dok. IndonesiaKaya)

Sasando merupakan salah satu alat tradisional musik yang berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Alat musik ini bentuknya cukup unik. 

Cara memainkan Sasando ini cukup diperti seperti harpa. Namun, dalam memainkan alat musik yang satu ini tidak semudah kelihatannya loh Urbanreaders.

Bukan hanya itu, perlu memiliki keterampilan dan latihan yang serius untuk menciptakan keselarasan teknik dan perasaan saat memainkan senar. Hal tersebut dilakukan agar suara yang dihasilkan dari alat musik Sasando terdengar merdu serta enak didengar.

Jika berbicara lebih lanjut mengenai Sasando, alat musik satu ini terbuat dari potongan bambu yang diikat. Lalu, memiliki ciri khas, yaitu ada ruang resonansi yang dibuat dari daun lontar. 

4. Kolintang

1627385782-Kolintang-IndonesiaKaya.jpgSumber: Ilustrasi Kolintang (Dok. IndonesiaKaya)

Kolintang merupakan salah satu alat musik yang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara. Alat musik ini terbuat dari kayu olahan. Lalu, cara memainkannya ini dipukul.

Suara yang dihasilkan ini merdu, namun lebih enak didengar jika memainkan kolintang bersama-sama.

Kolintang ini memiliki fungsi sebagai pengiring upacara tradisional, tarian, lagu dan orkestra. 

5. Saluang 

1631516949-Saluang.jpgSumber: Ilustrasi Saluang (Instagram/hendriekek)

Alat musik tradisional Saluang ini berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Alat musik yang satu ini terlihat seperti seruling dan cara memainkannya pun sama ditiup.

Panjang alat musik yang satu ini 40-60 cm dengan diameter 3-4 cm. Lalu, bahan yang digunakannya ini memiliki khas, bambu tipi atau bambu telang. 

Nah itu dia sejumlah alat musik tradisional Indonesia. Semoga bermanfaat bagi Urbanreaders!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait