beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

5 Artis Perempuan yang Jadi Dosen: Terbaru Prilly Latuconsina

Kintan Lestari,
12 November 2022 20.18.46 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Artis Perempuan yang Jadi Dosen: Terbaru Prilly Latuconsina
Image: Prilly Latuconsina saat menjadi dosen praktisi di UGM. (Instagram @prillylatuconsina96)

Jakarta - Dulu ada anggapan perempuan itu tidak perlu belajar tinggi-tinggi karena cuma akan berakhir di dapur jadi ibu rumah tangga. Tapi sekarang mindset tersebut sudah banyak berubah. Banyak perempuan yang mungkin nantinya tetap akan jadi ibu rumah tangga, namun mereka tetap menuntut ilmu setinggi mungkin.

Hal itu pula yang dilakukan sejumlah artis Tanah Air dari berbagai usia. Mereka menempuh pendidikan cukup tinggi, yang bahkan membuat mereka dipercaya sebagai dosen dan mengajar mahasiswa di universitas. Kalian pasti tahu kan, untuk menjadi dosen mereka harus memiliki pendidikan S2.

Nah, siapa saja artis tersebut? Berikut 5 artis perempuan yang pernah menggeluti profesi sebagai dosen.

1. Prilly Latuconsina

1668172310-prilli-dosen-ugm.jpgSumber: Prilly Latuconsina saat menjadi dosen praktisi di UGM. (Instagram @mbkm_ugm)

Artis pertama yang jadi dosen adalah Prilly Latuconsina. Meski baru jenjang S1, namun Prilly sukses dipercaya sebagai dosen praktisi di Universitas Gadjah Mada. Artis keturunan Ambon-Sunda itu menjadi dosen praktisi dan mengajar di kelas Kajian Selebritas di Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UGM. Meski demikian, posisi tersebut didapatkannya bukan karena privilege sebagai artis. Prilly mengaku dirinya menjadi dosen praktisi melalui jalur yang sama dengan orang lain yang juga ingin jadi dosen, yakni lewat tes. 

2. Maia Estianty

1607563668-Maia-Estianty.jpegSumber: Maia Estianty. (@maiaestiantyreal/Instagram)

Artis selanjutnya yang pernah menjadi dosen adalah Maia Estianty. Mantan istri Ahmad Dhani ini pernah menjadi dosen tamu di almamater kampusnya, yaitu Universitas Indonesia tahun 2018 dan 2019. Untuk diketahui, Maia dulu merupakan mahasiswa jurusan komunikasi UI. Dengan latar pendidikannya, dia dipercaya menjadi dosen tamu dan berbagi ilmunya kepada mahasiswa di jurusan komunikasi UI. Selain UI, Maia juga pernah menjadi dosen tamu di salah satu universitas swasta di Yogyakarta tahun 2020.

3. Desy Ratnasari

1621402050-Desy-Ratnasari-1-(4).jpgSumber: Desy Ratnasari. (Instagram @desyratnasarifansofficial)

Generasi 90-an pasti kenal dengan Desy Ratnasari. Di era tersebut, Desy merupakan artis perempuan yang sangat popular. Nah, rupanya selain berprofesi sebagai artis dan penyanyi, Desy juga berprofesi sebagai dosen. Di sela kesibukannya sebagai anggota partai politik, Desy menjadi dosen psikologi di Universitas Atmajaya sejak tahun 2012.

4. Herfiza Novianti 

 

Herfiza Novianti yang merupakan istri Ricky Harun itu kini memang menghilang dari layar kaca. Meski demikian, dirinya kini sibuk dengan aktivitas lainnya, salah satunya menggeluti profesi sebagai dosen. Herfiza menjadi dosen psikologi di salah satu universitas swasta di Jakarta. Ibu dua anak ini terjun ke dunia perdosenan pertama kali sebagai dosen tamu di Universitas Doktor Moestopo (Beragama) pada Juni 2017. Setelah melanjutkan pendidikan S2 di IPB, dia akhirnya fokus seutuhnya menjadi dosen. 

5. Ellen Nita Eks Cherrybelle

Artis terakhir yang juga berprofesi sebagai dosen adalah Ellen Nita eks Cherrybelle. Usai Cherrybelle bubar, Ellen memilih melanjutkan kariernya di dunia pendidikan. Dia melanjutkan pendidikan sampai meraih gelar S2 di Politeknik Negeri Malang jurusan akuntansi. Setelahnya dia fokus menjadi dosen, dan mengajar mata kuliah akuntansi di universitas tersebut. 

Itu dia  5 artis perempuan yang pernah menggeluti profesi sebagai dosen. Dari  5 artis di atas, ada idolamu?

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait