menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

5 Bahan Alami untuk Kulit Halus dan Lembut

Itha Prabandhani,
6 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Bahan Alami untuk Kulit Halus dan Lembut
Image: Ilustrasi perawatan kulit alami (Freepik/kitthanes)

Jakarta - Siapa sih yang nggak pengen punya kulit yang halus dan lembut? Kulit yang halus dan terasa lembut ketika disentuh adalah salah satu tanda bahwa kulitmu sehat.

Selain menggunakan berbagai produk perawatan kulit yang tersedia di pasaran, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk menghaluskan kulit, loh. Dengan menggunakan bahan-bahan alami, kamu nggak perlu khawatir dengan paparan bahan kimia dan racun yang berisiko membuat reaksi alergi.

Dilansir dari Everyday Health, berikut deretan bahan-bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk menghaluskan kulit.

1. Madu

1614603264-Ilustrasi-susu-madu.jpgSumber: Ilustrasi susu dan madu. (freepik/ master1305)

Bukan rahasia lagi kalau madu menjadi salah satu bahan alami yang andalan banget. Tak hanya buat kesehatan dan stamina, madu juga bermanfaat untuk menjaga kulit kamu tetap halus dan lembut. Salah satu manfaat madu untuk kulit adalah membantu mengangkat komedo sekaligus mengecilkan pori-pori. Gunakan madu sebagai masker dan aplikasikan ke seluruh wajah.

Diamkan selama 10 menit sebelum dicuci hingga bersih. Selain komedo terangkat,  kulit kamu bakal terasa lebih lembap dan super halus. Kandungan antibaketerialnya juga ampuh mengatasi kulit yang lagi jerawatan, loh.

2. Minyak Kelapa Murni

1615017626-minyak-kelapa---freepik-jcomp.jpgSumber: minyak kelapa (Freepik/jcomp)

Minyak kelapa murni atau VCO juga mengandung zat antibakteri sekaligus pelembap alami. Kamu bisa memanfaatkan bahan yang satu ini untuk membuat berbagai DIY perawatan tubuh dan kecantikan. Selain melembapkan, minyak kelapa murni juga menutrisi kulit, sehingga membuatnya halus dan lembut.

3. Kopi

1613611442-ampas-kopi---freepik-yanadjana.jpgSumber: Ilustrasi ampas kopi. (Freepik/yanadjana)

Selain membantu mata tetap melek saat lagi ngantuk-ngantuknya, kopi juga bisa bermanfaat buat kecantikan kulitmu, loh. Kopi dapat kamu gunakan sebagai eksfoliator dan membantu melancarkan peredaran darah. Kamu bisa menggunakan kopi bubuk untuk menyamarkan stretch mark dan juga mengangkat sel-sel kulit mati.

4. Oatmeal

1598423703-oatmeal-(1).jpgSumber: Ilustrasi oatmeal. (Freepik)

Selain menjadi menu sarapan yang menyehatkan, oatmeal juga dapat berperan sebagai bahan alami penghalus kulit. Gunakan oatmeal sebagai masker wajah dengan mencampurkan 150 gr oatmeal yang telah dimasak dan didinginkan, satu buah telur, dan satu sendok makan air perasan lemon. Ratakan pada seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilas wajah hingga bersih dan kamu akan merasakan wajah yang halus dan lembut seperti kulit bayi.

5. Jeruk Nipis

1619951899-jeruk-nipis---freepik-racool-studio.jpgSumber: Jeruk nipis (Freepik/racool-studio)

Jeruk nipis kaya akan Vitamin C yang akan menjauhkan kulit dari kerutan dan pigmentasi berlebih. Selain itu, sari jeruk nipis juga mengandung flavonoid, yaitu senyawa yang akan membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar UV. Selain itu, jeruk nipis juga dapat berperan sebagai antioksidan alami yang akan merangsang produksi kolagen dalam kulit.

Kamu bisa mengambil manfaat jeruk nipis dengan mencampurkan sari jeruk nipis dengan 2 sdm putih telur. Gunakan campuran kedua bahan ini sebagai masker wajah. Diamkan hingga kering, lalu bilas dengan air hangat. Selain menghaluskan, perawatan ini juga akan mengangkat kotoran dalam pori sekaligus sebum berlebih dari wajahmu.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait