menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kulit Wajah Bermasalah Loh

Itha Prabandhani,
17 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kulit Wajah Bermasalah Loh
Image: Kulit wajah/Freepik by Valuavitaly

Jakarta - Masalah yang sering dialami kulit wajah seperti jerawat, kulit berminyak, kering dan kusam, dapat muncul karena kebiasaan sehari-hari yang kita lakukan. Terkadang tanpa disadari, aktivitas harian kita telah membuat kotoran menempel di wajah dan menyumbat pori-pori. Akibatnya, terjadilah infeksi bakteri yang membuat kulit berjerawat.

Yuk, cermati beberapa kebiasaan yang bisa bikin kulit wajahmu jadi bermasalah berikut ini.

1.       Sering Menyentuh Wajah

1619139964-menyentuh---freepik-gpointstudio.jpgSumber: Menyentuh wajah/Freepik by GPoint Studio

Seringkali tanpa disadari, kamu menyentuh wajah untuk menyeka keringat, menggaruk, maupun sekadar iseng. Namun, kebiasaan ini memiliki dampak besar buat kulit wajahmu, khususnya menyumbat pori-pori dengan kotoran yang ada di tanganmu.

Kotoran dan bakteri yang ada di tanganmu tak hanya akan membuat pori-pori tersumbat, namun juga terinfeksi. Akibatnya, muncullah jerawat. Karena itu, sebelum menyentuh wajah, cuci tangan dengan sabun atau gunakan hand sanitizer.

2.       Terlalu Sering Melakukan Scrub Wajah

1619139981-scrub---freepik-wayhomestudio.jpgSumber: Scrub/Freepik by Wayhome Studio

Scrub wajah adalah salah satu tahapan perawatan kulit yang penting untuk mengangkat sel-sel kulit mati dari wajahmu. Idealnya scrub wajah dilakukan seminggu sekali saja, guys. Terlalu sering melakukan eksfoliasi kulit akan membuat lapisan kulitmu sensitif dan mudah mengalami iritasi. Selain itu, eksfoliasi yang berlebihan akan membuat kulit kehilangan kelembapan alaminya. Akibatnya, kulit akan menjadi kering dan kusam.

3.       Jarang Menggunakan Pelembap

1619139971-pelembap---freepik-valuavitaly.jpgSumber: Pakai pelembap/Freepik by Valua Vitaly

Pelembap wajah berfungsi untuk menjaga elastisitas, kekenyalan, dan kelembapan kulit wajahmu. Kalau kamu jarang menggunakan pelembap, lama kelamaan kulit akan kehilangan kelembapan alaminya, sehingga tampak kering dan gampang muncul garis-garis halus.

4.       Paparan Sinar Matahari

1619139989-sinar-matahari---freepik-jozzeppe.jpgSumber: Sinar Matahari/Freepik by Jozzeppe

Seperti kita ketahui bersama, sinar matahari mengandung sinar UVA dan UVB yang berbahaya untuk kulit. Karena itu, terlalu lama terpapar sinar matahari langsung, dapat membuat kulit rusak, mengalami hiperpigmentasi, dan muncul tanda-tanda penuaan sebelum waktunya.

5.       Bermakeup Saat Berolahraga

1619139956-makeup-olaharaga---freepik-tirachardz.jpgSumber: Olahraga/Freepik by Tirachardz

Mungkin kamu tetap ingin tampil segar dan menarik dengan menggunakan makeup, juga saat berolahraga. Tapi, kebiasaan ini kurang tepat, guys. Makeup yang kamu gunakan jika bercampur dengan keringat dan kotoran, dapat memicu timbulnya komedo, jerawat, dan iritasi kulit.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait