beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

5 Cara Atasi Bibir Menghitam

Itha Prabandhani,
lebih dari 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Cara Atasi Bibir Menghitam
Image: Ilustrasi bibir. (Pixabay)

Jakarta - Bibir yang sehat biasanya berwarna pink kemerahan dengan sentuhan warna asli kulit kamu. Permukaannya juga lembut dan lembap, serta tidak terasa kasar maupun pecah-pecah. 

Namun, penggunaan kosmetik, gaya hidup, maupun kurangnya perawatan, bisa mengakibatkan bibir kamu menjadi lebih gelap bahkan menghitam.

Perubahan warna bibir yang menggelap tentunya akan mengganggu penampilan, kan? Kalau kamu lagi menghadapi masalah seperti ini, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasinya. Yuk, simak tips yang dilansir Urbanasia dari Stylecraze berikut ini!

1. Jauhi Rokok

1612436731-ilustrasi-rokok.jpgSumber: Ilustrasi berhenti merokok. (Freepik/nensuria)

Kebiasaan merokok adalah salah satu penyebab utama warna bibir menggelap. Kandungan nikotin dalam rokok, tidak hanya berbahaya buat kesehatan tubuh kamu, tapi juga mengakibatkan perubahan warna bibir menjadi lebih gelap.

2. Kurangi Ngopi

1616575516-ngopi-Freepik-cookie-studio.jpgSumber: Ilustrasi minum kopi. (Freepik/cookie_studio)

Secangkir kopi memang sering membantu mata jadi melek dan pikiran lebih segar. Asupan kopi yang disarankan tiap harinya adalah tak lebih dari 400 mg atau maksimal 4 cangkir sehari. 

Mengonsumsi kopi lebih banyak dari jumlah yang disarankan, dapat membuat bibir kamu berwarna lebih gelap. Tak hanya itu, gigi kamu pun akan terlihat lebih kuning dan kusam.

3. Lindungi Bibir

1621651616-bibir-kering--freepik-dimaberlin.jpgSumber: Ilustrasi bibir kering. (Freepik/dimaberlin)

Tak hanya kulit wajah dan tubuh, bibir juga perlu perlindungan dari sinar UV loh, guys. Seperti kamu tahu, paparan sinar UV dapat memicu munculnya melanin dalam kulit yang akan menyebabkan kulit menjadi lebih gelap. Karena itu, gunakan produk perawatan bibir yang mengandung tabir surya sekaligus dapat merawat bibir kamu.

4. Perhatikan Kandungan dalam Lipstik

1602684307-zoya-ultramatte.jpgSumber: Ultramatte Lipstick. (Zoya Cosmetics)

Penggunaan bahan yang berbahaya buat bibir seperti paraben, menthol, alkohol, atau pewangi, dapat menyebabkan iritasi pada bibir. Akibatnya, bibir kamu akan mengalami luka, pecah-pecah, maupun kering. Masalah bibir seperti ini bisa membuat warnanya menjadi lebih gelap, guys. 

Karena itu, pilih produk lipstik atau lip balm yang mengandung shea butter, vitamin E, atau jojoba oil, agar kesehatan bibirmu tetap terjaga. Selain itu, perhatikan masa kedaluwarsa produk kamu, ya? Hindari menggunakan produk bibir yang sudah lewat masa kedaluwarsanya.

5. Lakukan Perawatan Secara Rutin

1589534143-stop-kelupas-bibir.jpgSumber: Ilustrasi kelupas bibir. (Freepik)

Seperti halnya kulit wajah, bibir pun perlu perawatan rutin, guys. Untuk perawatan harian, gunakan lip balm untuk melembapkannya. Selain itu, biasakan cukup minum air putih. Sedangkan untuk perawatan mingguan, lakukan scrub bibir setidaknya sekali seminggu.

Scrub bibir berguna untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang bikin bibir kamu kasar dan pecah-pecah. Kamu bisa menggunakan produk scrub bibir yang ada di pasaran maupun berkreasi sendiri bikin DIY scrub bibir dengan bahan-bahan alami.

Selamat mencoba!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait