Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

5 Cara Bersihkan Plafon Mobil yang Wajib Kamu Ketahui

Alwin Jalliyani,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Cara Bersihkan Plafon Mobil yang Wajib Kamu Ketahui
Image: Ilustrasi interior mobil (Pixabay/welshandproud)

Jakarta – Interior mobil merupakan aspek yang menunjang kenyamanan kendaraan. Oleh karena itu, kebersihan interior mobil perlu diperhatikan. Salah satu interior mobil yang mudah kotor dan kurang diperhatikan adalah plafon. Berikut cara membersihkan plafon mobil yang dilansir dari Auto 2000.

1. Gunakan Lap Microfiber

1616157888-merawat-mobil-prostooleh.jpgSumber: Ilustrasi merawat mobil (Freepik/prostooleh)

Cara membersihkan plafon mobil yang pertama adalah menggunakan lap microfiber. Lap ini memiliki kemampuan mengangkat debu serta kotoran di plafon mobil. Namun, jangan digunakan dalam keadaan basah. Kamu harus menjaganya tetap kering dan bersih untuk menyeka plafon.

2. Manfaatkan Cairan Pembersih Fabric

1625730863-Mobil.jpgSumber: Ilustrasi transmisi mobil matic. (Pixabay/Mikes-Photography)

Kamu pasti pernah melihat produk pembersih jok atau cairan pembersih khusus fabric untuk membersihkan interior mobil. Kedua produk tersebut juga efektif membersihkan plafon mobil.

Cara penggunaannya pun mudah, tinggal menyemprotkan cairan ke seluruh permukaan plafon. Kemudian seka plafon secara perlahan menggunakan lap microfiber.

3. Air dan Cuka Bisa Jadi Cairan Pembersih

1618468736-menyetir-mobil.jpgSumber: ilustrasi menyetir mobil (Pixabay/Free-photos)

Jika ingin membuat cairan pembersih sendiri di rumah, campuran air dan cuka bisa menjadi pilihan. Biasanya cairan ini digunakan untuk menghilangkan minyak pada plafon.

Dalam pencampurannya, pakai perbandingan 3:1, yakni 3 untuk air dan 1 untuk cuka. Lalu, masukkan lap microfiber ke dalam larutan untuk menyeka noda minyak di plafon.

4. Pakai Pengharum Ruangan

1615189988-ilustrasi-mobil-parkir.jpgSumber: ilustrasi mobil parkir. (Freepik/wirestock)

Pengharum ruangan bisa digunakan untuk membersihkan plafon mobil. Namun, cara ini hanya dapat menghilangkan bau yang menempel di plafon, bukan untuk noda membandel lainnya.

Kamu tinggal menyemprotkan pengharum ruangan ke arah plafon mobil dari jauh. Perlu diperhatikan, jangan sampai plafon basah, karena pengharum dapat merusak lem perekat pada plafon mobil.

Apabila ingin mendapat hasil maksimal, lakukan setidaknya dua kali pembersihan dalam satu kesempatan. Kamu perlu menunggu plafon kering sebelum mengulangi cara yang sama. Dengan begitu, lem dan kain plafon tetap terjaga kualitasnya tanpa terkelupas. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait