Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

5 Cara Merawat Wiper Mobil yang Benar

Alwin Jalliyani,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Cara Merawat Wiper Mobil yang Benar
Image: Ilustrasi wiper mobil (Pixabay-stocksnap)

Jakarta – Wiper merupakan komponen mobil yang berfungsi menghalau hujan dari kaca depan supaya tidak mengganggu pengemudi. Namun, komponen ini kurang diperhatikan karena hanya dipakai dalam situasi hujan saja.

Oleh karena itu, Urbanreaders perlu mengetahui cara merawat wiper mobil seperti dilansir laman resmi Auto 2000 supaya awet dan berfungsi optimal.

1. Cek Kondisi Karet Wiper

1629286926-pixabayyyy-stocksnap.jpgSumber: Ilustrasi wiper mobil (Pixabay-stocksnap)

Wiper mobil terdiri dari bagian blade (rangka besi) dan karet. Rangka besi berfungsi sebagai penyangga, sementara karet berfungsi menghalau air hujan dari kaca depan kendaraan. Bagian karet adalah komponen sensitif yang harus diperhatikan. Apabila kondisinya tidak terjaga, maka bagian karet akan mudah rusak dan tidak berfungsi sempurna.

2. Rawat Bagian Poros Wiper

Selain karet wiper, bagian poros juga perlu diperhatikan. Bagian poros memiliki peran penting untuk menjaga pergerakan wiper selama berkendara di musim hujan. Untuk menjaga performanya tetap prima, berikan pelumas pada bagian wiper secara berkala. Pelumas akan mencegah poros aus dan menjaga pergerakannya tetap optimal.

3. Cukup Bersihkan dengan Dibilas

1602150139-wiper-2.jpgSumber: Wiper mobil (Freepik)

Kamu tidak perlu mencuci bagian wiper menggunakan sabun cuci kendaraan dan mengeringkannya pakai lap. Cukup bilas wiper dengan air bersih dan biarkan mengering sendiri setelahnya. Hal ini dilakukan supaya tidak menghilangkan cairan khusus pada wiper mobil.

4. Isi Cairan Wiper

Selain merawat bagian luarnya, wiper mobil pun perlu dirawat dari bagian dalam. Perawatan dilakukan dari ruang mesin. Di sana, terdapat sebuah tangki khusus untuk cairan pembersih kaca mobil.

Demi menjaga performa wiper, kamu bisa menggunakan cairan pembersih khusus wiper. Cairan ini dapat melicinkan bagian kaca sehingga pergerakan wiper tidak tersendat

5. Ganti Wiper Secara Berkala

1602150079-wiper-4.jpgSumber: Wiper mobil (Freepik)

Kamu perlu mengecek kondisinya secara menyeluruh. Apabila timbul suara decit saat digunakan, serta karet terlihat getas, maka sudah saatnya wiper diganti yang baru. Penggantian wiper bisa berupa karetnya saja atau bagian dudukannya. Apabila sudah usang keduanya, maka lakukan penggantian untuk karet dan dudukan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait