Hot News

Jakarta - Menggunakan masker seharusnya telah menjadi kebiasaan yang dilakukan semua orang saat ini. Tapi, selalu ada saja orang yang cuek dan tidak mempedulikan kesehatan diri sendiri dan orang lain dengan enggan memakai masker.

Urbanreaders mungkin sudah banyak melihat kisah-kisah orang yang malah marah dan bersikap agresif saat diingatkan untuk pakai masker. Padahal, kebiasaan baru ini juga demi kesehatan dirinya sendiri. Namun, membiarkan orang lain abai dengan hal ini juga bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan, karena malas berkonflik.

Terus, bagaimana caranya mengingatkan orang lain untuk pakai masker tanpa menimbulkan perdebatan? Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan, guys.

1.       Ungkapkan Kekhawatiranmu

1600486821-cara-tegur-orang-gak-pakai-masker2.jpgSumber: Freepik

Fokuskan teguran sebagai bentuk perhatianmu atas kondisi kesehatan dia. Misalnya, “Sekarang lagi banyak virus bertebaran. Aku khawatir kamu bakal tertular. Kamu sebaiknya pakai masker biar aman.”

2.       Sampaikan Perasaan Kita

1600486827-cara-tegur-orang-gak-pakai-masker.jpgSumber: Freepik

Orang yang tidak menggunakan masker juga perlu tahu bahwa tindakannya itu membuat kita merasa nggak nyaman. Karena itu, sampaikan teguran dari sudut pandang perasaan kita. Misalnya, “Aku bersyukur bahwa sampai sekarang aku masih sehat-sehat saja. Tapi, aku akan merasa lebih nyaman kalau kamu juga pakai masker waktu kita ketemuan.”

3.       Tunjukkan dengan Tindakan

1600486786-cara-tegur-orang-gak-pakai-masker4.jpgSumber: Freepik

Saat orang lain enggan menggunakan masker, ia perlu tahu respons orang lain terhadap hal itu. Misalnya, orang akan menjauh darinya. Jadi, kamu bisa langsung menunjukkan action dengan menjaga jarak aman sambil mengatakan “Kamu lagi nggak pakai masker, jadi sebaiknya kita jaga jarak aman, ya?”

4.       ‘Bicara’ Tanpa Kata

1600486814-cara-tegur-orang-gak-pakai-masker6.jpgSumber: Freepik

Kalau kamu merasa kurang nyaman untuk menegur orang lain dengan kata-kata, kamu bisa ‘menegur’ mereka dengan perbuatan. Saat ada orang yang tidak memakai masker, kamu bisa langsung menerapkan protokol kesehatan di hadapannya. Seperti, membersihkan tangan dengan hand sanitizer, dan menjauhkan diri secara fisik dari orang tersebut.

5.       Langsung Memberikan Masker

1600486799-cara-tegur-orang-gak-pakai-masker5.jpgSumber: Freepik

Ada baiknya kamu menyediakan masker bersih cadangan ke manapun kamu pergi. Saat ada teman atau kenalan yang tidak menggunakan masker, kamu bisa langsung memberikannya dengan bilang, “Aku kebetulan punya cadangan masker bersih nih, pakai aja, biar kamu juga aman.”

Nah, dengan cara-cara tersebut, semoga si bandel tanpa masker bisa lebih sadar untuk menerapkan protokol kesehatan.

 

Komentar

Loading ..