Hot News

Jakarta - Dalam mencegah penularan virus COVID-19, kita diwajibkan untuk terus mematuhi protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-sehari, mulai dari sering mencuci tangan, menjaga jarak hingga menggunakan masker saat berada di luar rumah. 

Nah, memiliki masker yang tepat dalam mencegah penularan virus COVID-19 ternyata juga sangat diperlukan nih, Urbanreaders. 

Mengingat banyaknya jenis masker yang mudah didapatkan namun ternyata tidak memberikan efektivitas yang tinggi dalam mencegah penularan virus. 

Lewat lama resmi Commuterline, ada beberapa jenis masker dengan tingkat efektivitas yang dapat kita pilih dalam melindungi diri nih guys! 

1. Masker N95

maskern95net.jpgSumber: Masker N95. (Net)

Masker yang satu ini memiliki tingkat efektivitas yang cukup tinggi dalam melindungi kita dari penularan virus COVID-19 lho. 

Commuterline menyebutkan masker ini memiliki efektivitas sebesar 95 hingga 100 persen melindungi. 

2. Masker Bedah

1584690903-Masker.jpgSumber: ilustrasi masker bedah (Pixabay)

Masker beda yang biasa digunakan petugas medis ini juga cukup efektif melindungi diri dari penularan virus COVID-19 guys. Tingkat efektivitas masker bedah ini lebih rendah sedikit dari Makser N95 yaitu sebesar 80 hingga 95 persen.

3. Masker FFPI

pixabaymaskercorona.jpgSumber: Ilustrasi masker Corona. (Pixabay)

Masker FFPI ternyata juga mampu melindungi kita dari penularan virus. Tingkat efektivitas yang diberikan juga cukup tinggi yaitu sama dengan masker bedah sebesar 80 hingga 95 persen. 

4. Masker Bahan 3 Lapis

1586927708-masker.pngSumber: Ilustrasi masker kain (Pixabay)

Memilih masker yang terbuat dari bahan kain juga cukup perlu kehati-hatian urbanreaders. 

Usahakan memilih masker bahan dengan 3 lapis karena masker ini memiliki efektivitas melindungi dari virus sebesar 50 hingga 70 persen. 

5. Masker Scuba/Buff 

1594042800-antarafoto-antrean-penumpang-krl-stasiun-bogor-290620-app-4.jpgSumber: Sejumlah calon penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) Commuterline antre memasuki Stasiun KA Bogor di Kota Bogor, Jawa Barat, Senin. (Ilustrasi/ANTARA FOTO)

Penggunaan masker ini kini dilarang terutama bagi masyarakat yang hendak menggunakan Kereta Rel Listrik (KRL) nih guys. 

Larangan penggunaan masker ini ternyata dikarenakan tingkat efektivitas yang diberikan cukup rendah yaitu hanya sebesar 5 persen. 


Loading ..