beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

5 Cara Hilangkan Bau Amis Prengus pada Daging Kambing 

Griska Laras,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Cara Hilangkan Bau Amis Prengus pada Daging Kambing 
Image: Ilustrasi daging kambing. Sumber: Pixabay

Jakarta – Hari Raya Idul Adha identik dengan berbagai menu olahan daging kambing. Meski banyak digemari, ada tantangan besar dalam memasak daging kambing. Jika kurang tepat dalam mengolahnya, daging akan berbau amis atau yang juga dikenal dengan bau prengus. 

Prengus berasal dari zat feromon yang dihasilkan tubuh kambing, terutama pejantan. Gunanya untuk memikat kambing betina. 

Bagi sebagian orang, bau ini sangat mengganggu. Bahkan bisa membuat selera makan hilang. Tapi jangan khawatir Urbanreaders, ada banyak cara hilangkan bau amis di daging kambing. Berikut Urbanasia kasih beberapa tipsnya. 

1. Jangan Dicuci 

1626760169-Pixabay---VartanMercadanti.JPGSumber: Ilustrasi daging. Sumber: Pixabay/VartanMercadanti

Daging kambing tidak perlu dicuci sebelum dimasak. Mencuci daging kambing justru akan membuat bau amis atau prengus semakin kuat, Urbanreaders. Untuk menghilangkan kuman dan bakteri, rebus daging kambing di air mendidih selama sepuluh menit. Setelah itu, bilas daging dengan air bersih. 

2. Segera olah daging 

1626843006-olahan-daging.JPGSumber: Ilustrasi Olahan Daging. (Pixabay/leppäkerttu)

Saat mendapat potongan daging kurban, sebaiknya segera diolah atau simpan dalam chiller. Membiarkan daging terlalu lama di suhu ruang akan membuat daging tidak segar dan cepat busuk akibat bakteri. 

3. Buang Lapisan Lemak 

1608005085-terpapar-racun.jpgSumber: Ilustrasi daging. (Freepik)

Lapisan lemak merupakan salah satu sumber bau menyengat pada daging kambing. Untuk mengatasinya, kamu perlu membuang bagian berwarna putih yang menempel pada daging. 

4. Taburi garam 

1646990307-Image-garam.jpegSumber: Ilustrasi garam. (Freepik/jcomp)

Garam mengandung natrium klorida yang bisa menetralisir bau amis dari darah kambing. Selain menghilangkan bau prengus, garam juga akan menguatkan rasa. Taburi permukaan daging dengan garam, lalu diamkan selama satu jam. Agar daging tidak terlalu asin, pastikan kamu membilas sisa garamnya ya, Urbanreaders.

5. Jus nanas dan daun pepaya 

1637916669-nanas.jpegSumber: Buah Nanas (/Freepik/Freepik)

Last but not least, cara menghilangkan bau amis pada daging kambing bisa dilakukan dengan daun pepaya. Caranya, bungkus daging dengan daun pepaya yang sudah dicuci. Diamkan selama kurang lebih dua puluh menit.

Sebelum dibungkus, kamu juga bisa melumuri daging dengan parutan nanas. Kandungan bromelain dalam nanas tak hanya bisa menetralisir bau, tapi juga menguraikan serat daging sehingga lebih empuk. 

Semoga beberapa tips menghilangkan bau amis pada daging kambing di atas bermanfaat ya, Urbanreaders. Selamat mencoba!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait