Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

5 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Biar Internetan Lancar

Kintan Lestari,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Biar Internetan Lancar
Image: Ilustrasi jaringan WiFi. (Pixabay)

Jakarta - Sinyal WiFi yang jelek bikin aktivitas terhambat. Masalah itu bisa diatasi itu dengan cara memperkuat sinyal WiFi di rumah kalian.

Bagaimana cara menguatkan sinyal WiFi di rumah? Sebelum menjawab hal tersebut, kamu perlu tahu penyebab sinyal WiFi di rumah lambat.

Sinyal WiFi lambat bisa dipengaruhi oleh router yang bermasalah. Masalahnya juga bisa karena kabel LAN terputus. Faktor lain yang bikin sinyal WiFi lambat bisa jadi karena banyak yang menggunakannya.

Nah, supaya internetan kalian tidak terganggu, Urbanreaders bisa lakukan cara memperkuat sinyal WiFI berikut ini:

1. Pakai Aplikasi Penguat Sinyal

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah menggunakan aplikasi penguat sinyal. Ada beragam aplikasi semacam ini yang bisa kalian temukan di Play Store atau Apple Store.

2. Pindahkan Router

Sudah disinggung sebelumnya, penyebab sinyal WiFi jelek karena permasalahan di router. Kalau itu terjadi padamu, coba deh pindahkan posisi router di rumahmu. Posisi rounter memegang peranan penting terhadap jaringan sebab sinyal router terbatas. 

Jadi kalau kamu bekerja di kamar, dan posisi router kamu di ruang keluarga. Ruangan kamar dan ruang keluarga terhalang tembok tebal, maka bisa jadi itu alasan sinyal WiFi kamu jelek.

3. Ganti Router

Kalau misalnya kamu sudah memindahkan router ke tempat lain dan sinyalmu masih jelek, solusinya ya ganti perangkat router kamu.

4. Ubah Frekuensi

Kalau kamu menggunakan ponsel Android sebagai WiFi lalu sinyal kamu jelek, coba periksa frekuensinya di setting/pengaturan. Soalnya ponsel Android lama frekuensi WiFi-nya 2.4 GHz. Jadi kalau sinyal kamu bermasalah coba ubah ke frekuensi 5 GHz.

5. Gunakan WiFi Repeater

Cara memperkuat sinyal WiFi yang bisa kamu coba juga adalah dengan menggunakan WiFi Repeater. Itu adalah alat yang bisa meneruskan jaringan asal ke jaringan baru dengan kualitas sinyal yang lebih baik. Kamu bisa menemukan alat ini di marketplace.

Nah, itu dia 5 cara memperkuat sinyal WiFi yang bisa kamu coba di rumah, Urbanreaders. Semoga informasinya bermanfaat untukmu!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait