Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Mengenal Downdetector, Platform Pendeteksi Gangguan Layanan Internet

Gagas Yoga Pratomo,
19 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal Downdetector, Platform Pendeteksi Gangguan Layanan Internet
Image: Ilustrasi mengetik (Pixabay/Free-Photos)

Jakarta - Penyedia layanan populer di internet dari berbagai aspek seperti media sosial, e-commerce, dan transportasi online sering kali mengalami berbagai gangguan. 

Sebagai para pengguna yang terdampak, tentunya ingin mengetahui informasi seputar gangguan yang sedang terjadi. 

Ada sebuah platform yang menyediakan status serta informasi gangguan real time untuk segala jenis layanan yang banyak digunakan oleh seluruh pengguna internet, platform tersebut adalah Downdetector

Downdetector berfungsi sebagai pendeteksi ketika ada sebuah aplikasi atau layanan populer mengalami gangguan sehingga tidak bisa diakses oleh penggunanya. 

Meskipun gangguan tersebut tidak bisa prediksi, namun Downdetector bisa membantu sebagai sumber informasi dan perkembangan mengenai gangguan yang sedang terjadi.

Cara kerja Downdetector

Dilansir dari laman resmi Downdetector, mereka memiliki cara kerja dengan mengumpulkan dan menerima laporan status dari berbagai sumber menggunakan analisis real time. 

Sistem Downdetector akan mendeteksi akan terjadi gangguan atau pemadaman ketika jumlah laporan mulai melonjak. Mereka juga melacak laporan setiap perusahaan yang mengalami gangguan. 

Nantinya, mereka akan memberi informasi mengenai berapa banyak laporan yang masuk, grafik masalah yang dilaporkan, hingga peta pemadaman yang lokasi yang terdampak gangguan. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait