Hot News

Jakarta - Kehilangan nafsu makan bisa terjadi karena beberapa hal, seperti stres, mood lagi jelek, atau sedang sakit. Kalau dibiarkan, kehilangan nafsu makan bisa membuat masalah yang lebih serius seperti kekurangan nutrisi penting dan hingga penurunan berat badan yang drastis.

Karena itu, untuk menghindari efek samping yang berkepanjangan, kamu mesti meningkatkan lagi nafsu makan kamu. Beberapa cara berikut bisa kamu coba supaya kamu bergairah lagi untuk makan.

Makan Bersama

MakananTren2019.jpegSumber: Mclaughlinpc.com

Kadangkala makan sendirian bikin kamu merasa malas dan nggak berselera. Karena itu, ajaklah teman, sahabat, atau keluarga untuk makan bersama. Menikmati waktu makan bersama dengan orang lain akan membuat kamu lebih bersemangat untuk makan.

Makan dengan Porsi Kecil

1590386208-ilustrasi-makanan-ngemil-pixabay.jpgSumber:Pixabay

Biar nggak merasa eneg duluan, makanlah dengan prosi kecil tapi sering. Melihat makanan yang terlalu banyak bisa membuat kamu merasa enggan duluan untuk menghabiskannya. Karena itu, ambillah porsi makanan secukupnya. Lalu, kalau kamu masih lapar, tambahlah lagi sedikit demi sedikit.

Ngemil Makanan Berkalori

1586406424-makanan-sehat.jpgSumber: Ilustrasi makanan sehat (pixabay)

Jika kamu merasa nggak berselera makan makanan besar, kamu bisa memenuhi nutrisi kamu dengan ngemil makanan berkalori. Pilihlah jus buah, smoothie buah segar, yoghurt, susu, keju, atau alpukat. Kamu juga bisa tambahkan telur dan kentang rebus untuk asupan protein dan karbohidrat.

Makan Makanan Favorit

1591347120-makanan-gak-bikin-gemuk.jpgSumber: Pixabay

Biar kamu lebih berselera untuk makan, pilihlah makanan favorit kamu. Saat ini banyak layanan antar makanan yang bisa kamu manfaatkan untuk membeli makanan yang kamu sukai.

Jika kamu suka memasak, kamu juga bisa mencoba memasak masakan kesukaanmu. Siapa tahu kamu jadi lebih bersemangat untuk makan.

Buat Makanan Lebih Menarik

1590473784-makanan-pedas.jpgSumber: Pixabay

Selera makan juga dipengaruhi oleh tampilan dari makanan itu sendiri. Karena itu, cobalah untuk membuat makananmu tampak menarik dan menggugah selera.

Kamu bisa menggunakan piring dan alat makan yang cantik atau menambahkan garnish pada makananmu. Tampilan yang menarik akan membuat kamu lebih bersemangat untuk menyantap makananmu.


Loading ..