Hot News

Jakarta - Meski work from home (WFH), banyaknya kesibukan harian, padatnya jadwal meeting online, hingga lembur sampai malam, seringkali bikin kita mengesampingkan jadwal makan yang teratur. 

Biar lebih cepat, makanan cepat saji, cemilan tak sehat, atau makanan kemasan, juga biasanya dipilih sebagai ‘menu’ makan pagi, siang, atau malam. Akibatnya, kita tak memerhatikan asupan gizi di dalamnya, karena aktivitas makan hanya dijadikan sarana menghilangkan rasa lapar.

Padahal, selain asupan makanan sehat, pola makan yang teratur juga penting untuk menjaga stamina kamu loh, guys. Makan makanan yang sehat akan membantu kamu menjaga berat badan ideal, meningkatkan kinerja otak, dan mempertahankan stok energi dalam tubuh kamu.

Karena itu, meskipun lagi sibuk, yuk tetap jaga pola makan sehat kamu. Berikut beberapa tips dari Urbanasia yang bisa kamu coba.

Sempatkan untuk Sarapan

1596085286-makan-pagi.jpgSumber: Freepik

Makan pagi sangat penting untuk menjaga asupan energi dan membantu mengontrol gula darah. Pilih sarapan dengan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, lemak baik, serat, atau kaya protein. 

Kamu bisa mengonsumsi oatmeal, nasi merah, sereal, susu almond, yoghurt, telur rebus, alpukat, atau buah, dan sayur.

Batasi Asupan Kopi

1596085301-batasi-kopi.jpgSumber: Freepik

Saat kesibukan lagi padat-padatnya, biasanya kita mengandalkan kopi biar mata bisa tetap melek. Tapi, kebanyakan minum kopi juga nggak baik, guys.

Minum kopi akan membuat kamu lebih sering buang air kecil, sehingga bisa mengakibatkan dehidrasi. Asupan kopi yang ideal adalah tidak lebih dari 400 mg per hari.

Ngemil Sehat

1596085415-cemilan-sehat.jpgSumber: Freepik

Jam-jam sebelum makan siang atau menjelang sore, biasanya mulut gatel pengen ngemil kan, guys? Kalau sudah begini, kita gampang lari ke abang gorengan atau warung terdekat untuk beli cemilan. 

Sayangnya, meski enak buat dicemil, gorengan dan makanan kemasan mengandung bahan-bahan yang kurang baik buat kesehatan, seperti terlalu banyak gula, garam, pengawet, perasa buatan, atau pewarna. Saat ingin ngemil, kamu bisa konsumsi kacang-kacangan, yoghurt, atau jus buah.

Makan Sedikit, tapi Sering

1596085310-sedikit-tp-sering.jpgSumber: Freepik

Menunda makan hingga sangat lapar, biasanya bikin kamu makan dengan kalap dan menghabiskan porsi besar. Padahal kebiasaan ini dapat membebani sistem pencernaan kamu. Lebih baik, kamu makan sedikit-sedikit, tapi sering. 

Misalnya, setiap 3 jam sekali mengonsumsi buah, jus, atau snack sehat. Saat makan, berhentilah sebelum kamu merasa sangat kenyang. Biarkan selama 15 menit dan kalau kamu masih ingin makan, tambahlah dengan makan sedikit lagi.  

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

1596085327-buah-dan-sayur.jpgSumber: Freepik

Konsumsi buah dan sayur berguna untuk menjaga asupan vitamin dan mineral penting buat tubuhmu. Pilihlah sayur-sayuran hijau seperti kangkung, bayam, brokoli, atau sawi. Pastikan menu makanmu memenuhi unsur 4 sehat 5 sempurna, guys.

Selain menjaga asupan makanan, jangan lupa konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari agar kadar energi kamu tetap tinggi, pencernaan lancar, dan konsentrasi tetap terjaga. Asupan air putih yang cukup juga bisa membuat kamu terhindar dari dehidrasi.

 


Loading ..