Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
Beautydoozy

5 Cara Meningkatkan Skill Komunikasi di Tempat Kerja

Kintan Lestari,
21 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Cara Meningkatkan Skill Komunikasi di Tempat Kerja
Image: Ilustrasi Berkomunikasi (Freepik/tirachardz)

Jakarta - Keterampilan komunikasi setiap orang berbeda-beda. Ada yang skill komunikasinya baik, tapi ada juga yang kurang. Dan ini jadi masalah bagi yang merasa kemampuan komunikasinya kurang.

Pasalnya komunikasi kan nggak hanya kita asal berbicara, tapi kita menyampaikan sebuah informasi ke orang lain dan orang tersebut bisa memahaminya. 

The Conference Board of Canada, sebuah organisasi penelitian terapan nirlaba independen, mengembangkan Employability Skills 2000+, yang mencantumkan keterampilan penting yang dibutuhkan karyawan untuk berhasil di tempat kerja. Dan hasilnya keterampilan komunikasi, berada di puncak daftar keterampilan dasar yang dibutuhkan untuk berhasil di tempat kerja.

So, penting banget untuk mengembangkan skill komunikasi kita nih, guys. Bagaimana caranya?

Melansir dari berbagai sumber, berikut 5 cara meningkatkan skill komunikasi supaya sukses di tempat kerja.

1. Dengarkan

1597546524-pendengar-yang-baik.jpgSumber: Ilustrasi pendengar yang baik.(Freepik)

Cara pertama untuk meningkatkan skill komunikasi adalah mendengarkan. Untuk berkomunikasi secara efektif, pertama-tama dengarkan apa yang orang lain katakan. Dengan demikian kamu dapat memberikan jawaban yang bijaksana yang menunjukkan bahwa kamu telah mempertimbangkan apa yang disampaikan lawan bicaramu.

2. Rekam Suara Kamu

1641359061-rekam-suara.jpgSumber: Ilustrasi rekam suara. (Freepik/user18526052)

Saat kamu berbicara ketika kerja kelompok atau presentasi, rekam suara kamu sendiri. Dengan mereka suaramu sendiri, kamu bisa mengevaluasi hal-hal yang harus kamu perbaiki, baik itu pelafalan atau intonasi. Dan dengan demikian, kamu jadi bisa meningkatkan skill komunikasimu.

3. Pertahankan Kontak Mata 

1598832845-komunikasi2.jpgSumber: Ilustrasi komunikasi. (Freepik)

Cara meningkatkan kemampuan komunikasi nggak harus selalu bicara, tapi juga bahasa tubuh, misalnya dengan melihat mata lawan bicara. Kontak mata juga bagian penting dari komunikasi non-verbal. Melakukan hal sederhana seperti kontak mata saat berbicara atau mendengarkan lawan bicara selain dapat membantu meningkatkan keterampilan berkomunikasi kamu juga menunjukkan kamu care dengan pendengarmu.

4. Sampaikan dengan Lugas 

1598832882-konfirmasi.jpgSumber: Ilustrasi komunikasi. (Freepik)

Baik itu komunikasi verbal maupun tertulis, penting untuk memastikan kamu tetap pada topik dan memberi audiens informasi relevan yang perlu mereka pahami.

5. Minta Feedback

1606441223-komunikasi.jpgSumber: Ilustrasi komunikasi. (Freepik)

Kamu mungkin sudah melakukan 5 tips sebelumnya dan percaya diri dengan kemampuan komunikasi kamu saat ini. Jangan berpuas diri dulu ya. Minta feedback dari rekan kerja atau anggota tim supaya kamu tahu bagian mana yang masih kurang. 

Itu dia beberapa tips untuk meningkatkan skill komunikasi kamu di tempat kerja, guys. Semoga bermanfaat! 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait