beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URoto

Agar Tetap Aman, Ini 3 Ciri Wiper Mobil yang Harus Diganti!

Anisa Kurniasih,
lebih dari 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Agar Tetap Aman, Ini 3 Ciri Wiper Mobil yang Harus Diganti!
Image: Wiper mobil (Freepik)

Jakarta - Urbanreaders, memasuki musim penghujan, kita pastinya harus siaga ya menyiapkan diri agar tetap aman saat beraktivitas di luar. 

Nah, kamu juga nggak boleh lupa nih untuk mengecek kondisi kendaraan agar tetap nyaman selama di perjalanan meskipun hujan turun.

Berkendara di musim hujan pastinya butuh ketelitian yang lebih, termasuk memastikan komponen mobil dalam keadaan baik terutama wiper. Pasalnya, alat ini sangatlah  penting karena akan digunakan saat hujan tiba.

Nah, jika wiper sudah tidak berfungsi dengan baik, pastinya air hujan tidak dapat tersapu dengan sempurna sehingga mengganggu penglihatan selama berkendara.

Lantas, bagaimana ciri-ciri karet wiper yang sudah mengeras dan harus diganti? Berikut ulasan Urbanasia yang dilansir dari situs resmi Honda Indonesia, di antaranya:

1. Bercak Air Masih Tersisa

1602150079-wiper-4.jpgSumber: Wiper mobil (Freepik)

Guys, kamu dapat melakukan pengetesan dengan menyalakan wiper di atas kaca yang sudah disiram air. Jika wiper tidak dapat menyapu air dengan sempurna, dan justru tersisa kotoran atau bercak air, itu tandanya karet wiper sudah mengeras dan harus diganti.

2. Timbul Suara Berdecit

1602150112-wiper-3.jpgSumber: Wiper mobil (Freepik)

Saat menyalakan wiper di atas kaca yang sudah dibasahi, coba deh perhatikan apakah terdapat bunyi berdecit saat wiper bekerja?

Nah, bunyi decit tersebut menandakan karet wiper mobil kamu sudah mengeras guys.

Apabila diteruskan dapat menyebabkan kaca mobil baret. Jika kondisi itu terjadi, tentu biaya pemulihannya lebih mahal. Oleh karena itu, rajinlah mengganti karet wiper mobil saat sudah mengeras ya.

3. Tekstur Kasar dan Bentuknya Melengkung

1602150139-wiper-2.jpgSumber: Wiper mobil (Freepik)

Untuk mengecek kelenturan karet wiper, bisa juga dengan melihat dan menyentuhnya secara langsung. 

Apabila teksturnya sudah kasar, terdapat retakan atau pecah-pecah, bentuk pinggiran tidak rata serta keras saat disentuh, maka karet wiper sudah terlalu aus dan harus segera diganti.

Selain itu, kamu juga dapat memperhatikan bentuk wiper pada mobil. Wiper dengan kondisi baik memiliki bentuk yang cenderung lurus, sedangkan wiper yang sudah aus memiliki bentuk yang lebih melengkung.

Nah, itu dia cir-ciri wiper yang harus diganti sebelum musim hujan tiba. Tetap utamakan keselamatan saat berkendara ya guys!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait