Jakarta - Kemampuan bernegosiasi adalah hal yang sangat penting dalam menunjang kemajuan karier. Sayangnya, nggak semua orang merasa nyaman untuk bernegosiasi dengan pihak lain. Alasannya, malu, kurang percaya diri, atau bahkan nggak tahu mesti ngomong apa.

Nah, buat kamu yang juga mengalami hal yang sama, berikut beberapa tips dari Urbanasia untuk bernegosiasi di lingkungan kerja.

1. Lebih Banyak Mendengar

1606268277-dengar.jpgSumber: Freepik

Mungkin kamu berpikir bahwa untuk bisa bernegosiasi dengan baik, kamu mesti banyak bicara. Anggapan ini justru kurang tepat, guys.

Langkah pertama untuk bisa bernegosiasi dengan baik adalah dengan lebih banyak mendengar. Fokuskan perhatianmu untuk menyimak informasi-informasi dari lingkungan sekitarmu.

Selain itu, tunjukkan sikap empati kepada rekan kerja. Kamu mesti bisa benar-benar memahami apa yang dirasakan oleh orang lain dan mengerti sudut pandangnya. Sesudah itu, tunjukkan bahwa kamu ada di pihaknya.

2. Bijak Menunjukkan Emosi

1606268250-bijak-emosi.jpgSumber: Freepik

Dalam hal bernegosiasi, emosi bisa memainkan peran penting yang mungkin akan membantumu atau justru menjatuhkanmu. Karena itu, kamu mesti menunjukkan emosi yang positif seperti ramah, terbuka, optimistis, dan lain-lain.

Hal ini diperlukan untuk membangun kepercayaan akan kemampuan problem-solving. Emosi yang negatif seperti marah, menangis, atau pesimistis, akan memberi jarak antara kamu dan orang lain, sehingga orang sulit untuk menaruh kepercayaannya padamu.

3. Jangan Buat Orang Merasa Dipaksa

1606268302-jangan-maksa.jpgSumber: Freepik

Nggak ada orang yang suka ditekan atau dipaksa untuk melakukan sesuatu. Karena itu, untuk mendapatkan apa yang kamu mau, kamu nggak bisa menggunakan cara-cara yang membuat orang lain merasa disuruh atau diperintah.

Sebaliknya, negosiator ulung akan membuat pihak lain bebas untuk membuat pilihan dan keputusan. Berilah ruang pada pihak lain untuk membuat perubahan atau modifikasi pada hal-hal yang kamu negosiasikan.

4. Demi Kepentingan Orang Banyak

1606268262-kepentingan-orang.jpgSumber: Freepik

Saat kamu bernegosiasi, penting bahwa pihak lain memahami siapa yang akan diuntungkan dengan permintaan yang kamu sampaikan. Biasanya, perusahaan cenderung tidak meluluskan permintaan kalau itu hanya demi kepentingan segelintir orang.

Karena itu, kamu mesti pandai-pandai ‘membungkus’ permintaanmu sebagai sesuatu yang hal penting untuk dilakukan karena memiliki manfaat buat banyak orang dan kemajuan perusahaan.

5. Pertimbangkan Hubungan Jangka Panjang

1606268289-hubungan-jangka-panjang.jpgSumber: Freepik

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Baper di Kantor

Satu hal yang tak kalah pentingnya dalam bernegosiasi adalah menjaga kelangsungan hubungan di masa depan. Kalau kamu berencana untuk meniti karier di tempat tersebut dalam waktu lama, maka yang lebih penting adalah menjaga hubungan baik.

Percuma saja kalau kamu berhasil mendapatkan apa yang kamu inginkan, tapi ke depannya hubungan kamu dengan rekan kerja jadi canggung.

Berinvestasilah pada hubungan baik di masa depan. Inilah yang akan membuat proses teamwork tetap berjalan dengan efektif dan kamu akan tetap bisa merasa nyaman bekerja di tempat tersebut.

 

Komentar
paper plane