beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

5 Cara Perpanjang Masa Pakai Baterai Ponsel Android

Shinta Galih,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Cara Perpanjang Masa Pakai Baterai Ponsel Android
Image: Ilustrasi mengisi baterai ponsel

Jakarta - Tugas yang dilakukan smartphone saat ini lebih menuntut dari sebelumnya. Nah, untuk mengakomodasi banyak kebutuhan tersebut, prosesor dibuat lebih mumpuni dan layar pun menjadi lebih besar.

Sayangnya, baterai lithium-ion belum membuat banyak kemajuan. Hal ini membuat pengguna ponsel hanya mengandalkan fitur perangkat lunak untuk memaksimalkan masa pakai baterai.

Berikut adalah beberapa tips praktis untuk meningkatkan masa pakai baterai dan menjaga kesehatan baterai ponsel android kamu.

1. Nyalakan Mode Hemat Daya

1650627737-WA.jpgSumber: Ilustrasi aplikasi WhatsApp di ponsel. (Pixabay)

Cara tercepat untuk menghemat baterai adalah dengan mengaktifkan mode hemat daya (Penghemat Baterai). Di sebagian besar ponsel, kamu dapat menemukannya di panel Pengaturan Cepat atau dengan membuka bagian Baterai di Pengaturan dan beralih ke Hemat daya.

2. Matikan Layanan Lokasi

1616750868-GMaps-Freepik.jpgSumber: Ilustrasi Google Maps. (Freepik)

Salah satu cara paling efisien untuk menghemat masa pakai baterai di ponsel  adalah dengan mematikan fungsi lokasi. Selain itu, kamu juga harus mencabut izin lokasi untuk aplikasi yang tidak selalu memerlukannya.

Dengan cara ini, kamu memblokir aplikasi tersebut agar tidak menggunakan layanan di latar belakang, sehingga menghemat lebih banyak masa pakai baterai.

Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Lokasi > Izin aplikasi . Di sini, kamu akan melihat semua aplikasi yang diizinkan menggunakan lokasi.

Ketuk aplikasi dan pilih Izinkan hanya saat menggunakan aplikasi (untuk aplikasi penting) atau Jangan izinkan (untuk aplikasi yang tidak memerlukan layanan sama sekali).

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait