Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

5 Cara Sederhana Memulai Self Love di Kehidupan Sehari-hari

Elga Nurmutia,
26 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Cara Sederhana Memulai Self Love di Kehidupan Sehari-hari
Image: Ilustrasi mencintai diri sendiri. (Pixabay/Charlottemay)

Jakarta - Kini, sudah banyak orang yang berbicara mengenai self love atau mecintai diri sendiri. Bahkan, kamu juga bisa menemukan kata-kata tersebut di mana-mana. Namun, kebanyakan orang belum betul-betul paham mengenai self love itu sendiri.

Selain itu, perlu menjadi catatan dalam kehidupan kita tidak hanya menjalin hubungan baik dengan Tuhan dan juga manusia. Akan tetapi, kita juga perlu menjalin hubungan baik dengan diri sendiri, salah satunya self love.

Self love merupakan suatu hal yang berbeda bagi setiap orang. Mengapa demikian? Karena, kita mempunyai cara yang masing-masing dalam memperlihatkan kecintaan terhadap diri sendiri.

Lantas, self love itu seperti apa sih? Berikut, Urbanasia rangkum 5 cara simple self love di kehidupan sehari-hari dari berbagai sumber.

1. Mengenali Diri Sendiri

1633594062-Ilustrasi-Mencintai-Diri-Sendiri.-(Freepik.jpgSumber: Ilustrasi Mencintai Diri Sendiri. (Freepik/@wayhomestudio)

Kamu bisa menerapkan self love dimulai dari mengenali sendiri. Jika kamu tidak mengenali diri sendiri, maka yang bisa dilakukan adalah gali lebih dalam mengenai diri mu. Misalnya, apa mimpi yang ingin kamu raih, kekuatan diri sendiri, bahkan ketakutan terbesar mu.

Ketika kamu mengenal diri sendiri, kamu juga akan menjadi orang yang percaya diri, kuat, dan yakin terhadap kemampuan yang dimiliki.

2. Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

1611112890-Ilustrasi-Memaafkan-Diri-Sendiri.jpgIlustrasi Berdamai dengan Diri Sendiri. (istockphoto)

Meskipun membandingkan diri dengan orang lain merupakan salah satu hal yang wajar, akan tetapi itu bisa menjadi berbahaya.

Sesungguhnya, membandingkan diri itu tidak ada manfaatnya, karena orang seperti kamu hanya ada satu di dunia ini.  Maka sebab itu, kamu harus fokus pada diri sendiri dan perjalanan yang kamu hadapi agar lebih bebas. Selain itu, kamu juga  bisa menerapkan self love nantinya.

3. Menuliskan Hal-hal Positif

1603505965-cintai-diri-sendiri.pngIlustrasi mencintai diri sendiri. (Pixabay)

Ketika kamu berada di posisi terendah, sebaiknya kamu memberikan waktu me time dan menuliskan hal-hal positif yang ada pada hidup mu. Kemudian, kamu bisa membaca ulang yang sudah ditulis sebelumnya dan akan menjadikanmu lebih mudah melakukan self love.

4. Berikan Afirmasi Positif

1613978524-pexels-photo-774866.jpeg-bahagiakan-diri-sendiri-pixabay-by-andrea-piacquadio.jpegIlustrasi mencintai diri sendiri. (Pixabay/Charlottemay)

Afirmasi positif yang diberikan akan mendorong kamu kepada hal-hal positif, terlepas percaya atau tidak akan hal tersebut. Selain itu, kamu juga bisa meluangkan waktu bercermin dan memberikan kalimat yang membangkitkan semangat ataupun pujian.

5. Yakini Kamu itu Berharga

1640676135-selflove-1.jpgIlustrasi mencintai diri sendiri. (Freepik/wayhomestudio

Ada kalanya masa sulit membuat kamu lupa bahwa kamu begitu berharga. Tidak jarang juga kamu merasa begitu terpuruk karena situasi tertentu. Misalnya, dimarahi bos, tidak lulus ujian, dan hal tidak menyenangkan lainnya yang membuat kita merasa tidak berguna. 

Maka dari itu, kamu perlu mengingat seluruh pencapaian yang berhasil kamu dapatkan selama ini. Jika sudah melakukan itu, kamu akan lebih yakin bahwa kamu itu berharga.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait