Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

5 Fakta Tugu Sepatu di Sudirman yang Jadi Sasaran Vandalisme

Griska Laras,
27 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Fakta Tugu Sepatu di Sudirman yang Jadi Sasaran Vandalisme
Image: Tugu Sepatu di depan Stasiun Sudirman BNI City. (ANTARA FOTO)

Jakarta - Tugu Sepatu yang terletak di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, ramai diperbincangkan publik setelah menjadi sasaran aksi vandalisme oknum tak bertanggung jawab.
 
Berikut sejumlah fakta Tugu Sepatu di DKI Jakarta:

1. Jadi Ikon Baru DKI Jakarta

Tugu sepatu dibangun di beberapa titik di Jakarta, di antaranya di Stasiun BNI City Sudirman, Lapangan Banteng, dan Alun-alun Velodrome. Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria menyebut instalasi sepatu raksasa ini diyakini menjadi ikon baru ibu kota.

Dia menuturkan keberadaan tugu sepatu bisa mempercantik kota sekaligus menambah pengetahuan masyarakat terhadap produk lokal.

"Kita ingin mempercantik Kota Jakarta di antaranya dengan tugu sepatu," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria.

"Kita menghiasi kota agar menarik, supaya setara kota-kota di dunia. Di setiap kota kan ada produk menarik yang menarik perhatian, bisa selfie di situ, dan lain sebagainya," lanjut Riza.

1631945071-tugu-sepatu---antaranews.jpgSumber: Tugu Sepatu di Sudirman (Antara)

2. Dibangun Tanpa APBD

Pembangunan tugu sepatu merupakan kolaborasi Disparekraf DKI Jakarta dengan Jakarta Experince Board (JXB) bertajuk 'Xpresikakan Warnamu'.

Pihak Disparekraf DKI Jakarta yang bertanggung jawab atas pembangunan tugu sepatu memastikan instalasi ini dibangun tanpa dana APBD.

Kolaborasi ini juga melibatkan sejumlah pihak di antaranya BUMD DKI, PT Jakarta Tourisindo, sepatu lokal Compass, dan Bank Central Asia (BCA).

3. Menyambut Festival Kolaborasi Jakarta 2021

Diresmikan pada 17 September, pembangunan tugu sepatu sekaligus menandai dimulainya rangkaian acara Festival Kolaborasi Jakarta 2021.

Kegiatan itu merupakan bentuk dukungan Pemprov DKI dan pelaku ekonomi kreatif terhadap Tahun Internasional Ekonomi Kreatif 2021 oleh UNCTAD.

"Kita menyambut acara itu dengan menggelar instalasi dari para pelaku ekonomi kreatif. Tujuannya untuk membangkitkan dan memberikan dukungan kepada pelaku ekonomi kreatif untuk terus berkreasi di tengah pandemi," kata Plt Kadisparekraf Gumilar Ekalaya dalam keterangan tertulis.

1631945054-tugu-sepatu.jpegSumber: Tugu Sepatu di Sudirman (Antara)

4. Jadi Sasaran Vandalisme

Sayangnya baru diresmikan sehari, tugu sepatu jadi sasaran vandalisme oknum tak bertanggung jawab. Instalasi tersebut

Dari foto dan video yang beredar di media sosial, bagian kanan instalasi sepatu Compass berwarna putih kuning itu terdapat coretan ungu dan hitam.

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi DKI Jakarta dikabarkan sedang menelusuri para pelaku vandalisme instalasi seni tersebut.

Pemerintah pun tak tinggal diam. Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria mengatakan pihaknya akan memberikan sanksi terhadap pelaku. Kini Satpol PP sedang menyelidiki oknum yang mencorat-coret tugu sepatu melalui CCTV di sekitar Jalan Sudirman.

5. Dipindahkan Sementara Waktu

Wakil Gubernur Riza Patria menyebut tugu sepatu dipindahkan sementara waktu untuk dibersihkan setelah menjadi sasaran vandalisme. Nantinya instalasi ini akan ditampilkan di tempat semula.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait