beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

5 Kebiasan Sepele yang Bikin Anak Merasa Diabaikan

Izzah Putri Jurianto,
16 November 2022 18.07.16 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Kebiasan Sepele yang Bikin Anak Merasa Diabaikan
Image: Ilustrasi ibu mengabaikan anak. (Freepik/drazenzigic)

Jakarta – Bagi anak, bisa menghabiskan waktu bersama ayah dan bunda merupakan momen yang membahagiakan. Namun, terkadang ada kebiasaan dan perlakuan orangtua yang ternyata membuat si buah hati merasa sedih dan terabaikan.

Mungkin kebiasaan tersebut dilakukan tanpa sengaja namun ternyata hal yang terkesan sepele itu akhirnya malah menyakiti hati anak, bahkan membuat mereka menjauh.

Nah, kira-kira apa aja sih kebiasaan sepele yang sebaiknya dihindari orangtua biar sang anak tidak merasa terabaikan? Berikut penjelasannya!

1. Kurang Antusias Menanggapi Cerita Anak

1666842871-Ilustrasi-Ibu-yang-Stress.jpegSumber: Ilustrasi ibu dan anak (pexels/ketutsubiyanto)

Saat anak sedang bercerita, kamu mungkin pernah tidak menanggapinya dengan serius. Dalam beberapa situasi, mungkin hal ini tidak sengaja dilakukan. Misalnya, anak bercerita padamu saat kamu sedang sibuk meeting dengan perusahaan.

Meski begitu, cobalah untuk selalu hadir dalam setiap cerita mereka. Karena sebenarnya anak hanya butuh didengar oleh orangtuanya. Jika terus-menerus diabaikan, anak juga akan merasa berat untuk terbuka pada orangtua mereka.

2.Tidak Apresiasi Keberhasilan Anak

1666932475-Ilustrasi-Ibu-Memeluk-Anak.jpegSumber: Ilustrasi ibu dan anak (Pexels/keiraburton)

Pada dasarnya, anak adalah individu yang senang mengeksplor hal-hal baru di sekitarnya. Selain itu, mereka juga suka ketika diberi pujian oleh orang-orang yang ia sayangi, terutama orangtua. Oleh karena itu, saat berhasil melakukan sesuatu, mereka akan merasa antusias dan gembira.

Ketika kamu tidak mampu memberikan apresiasi yang diharapkan, anak akan merasa kecewa. Sebab, pujianmu adalah hal yang paling dinantikan. Nantinya, anak akan mulai ragu untuk menceritakan pencapaiannya pada orangtua, sebab jarang sekali mendapatkan apresiasi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait